Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Nasihat Buya Yahya untuk Gelaran Wayang di Ponpes Gus Miftah: Harusnya Bukan Memprovokasi

Buya Yahya - inilah.com
Buya Yahya Foto Al Bahjah TV

Pimpinan Pondok Pesantren Al Bahjah, Cirebon, KH Yahya Zainal Ma’arif atau Buya Yahya memberikan sebuah nasihatnya terkait¬†video gelaran wayang yang menunjukkan salah satu tokohnya menggunakan peci dan berjenggot yang dihubungkan dengan Ustaz Khalid Basalamah remuk dalam adegan perang melawan tokoh wayang lain. Buya Yahya menyebut harusnya kebudayaan tidak digunakan untuk memupuk dendam dan memecah belah.

“Jadi kami imbau kepada para seniman-seniman wayang hendaknya kembali apa yang sudah ditata oleh ulama-ulama terdahulu kita Wali Songo kisah-kisahnya harus bisa membangun bukan memprovokasi bukan mengajari jelek tapi harus membangun,” jelas Buya Yahya saat menjawab pertanyaan jamaah dalam kajian Al Bahjah di channel YouTube-nya, Senin (21/02).

Baca juga
Aung San Suu Kyi Dijatuhi Hukuman 4 Tahun Penjara

Buya Yahya pun berpesan pagelaran wayang seharusnya menjadi gelaran kebudayaan menunjukkan budaya yang merangkul dan menyatukan serta syarat cerita dengan nilai-nilai ajaran Islam.

“Wayangnya dan budayanya tetap diperhatikan jangan sampai keluar dari pada jalur Syar’i yang sudah dibahas oleh ulama dulu, jadi kami imbau selama seni pewayangan masih bisa digunakan untuk berdakwah tapi pertama harus Itu dari sisi keyakinan dan di dalamnya kisah-kisahnya harus benar-benar disesuaikan dengan syariat Islam,” katanya.

Senada dengan Buya yahya,  ada juga Selebgram bernama Aab Elkarimi mengunggah video untuk mengungkapkan kekecewaannya terhadap Gus Miftah dan jamaahnya.

Baca juga
Partisipasi Investor Ritel Capai Rekor dalam Penawaran Awal Saham GoTo

“Gue menikmati wayang sebagai media dakwah. Tapi kalau ada orang berbeda pandangan menyatakan wayang itu haram, lalu yang enggak terima bikin pertunjukan wayang yang menghina orang itu, rasanya ini tindakan yang over, terlalu telanjang dan tidak dewasa,” katanya di video itu.

Untuk diketahui, video viral di media sosial menunjukkan pergelaran wayang dengan salah satu tokohnya menggunakan peci dan berjenggot, remuk dalam adegan perang melawan tokoh wayang lainnya. Video itu viral karena warganet menghubungkan tokoh wayang berpeci itu dengan Ustaz Khalid Basalamah.

Dalam potongan video yang viral, tampak sebuah wayang berpeci yang dihajar oleh wayang Baladewa yang sedang marah. Dalam marahnya, tokoh Baladewa terus mengucap cakapan memarahi wayang berpeci tersebut. Salah satunya adalah kegeramannya pada orang yang asal omong soal keberadaan wayang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Aab Elkarimi (@aab_elkarimi)

Tinggalkan Komentar