Inilah Neo Cafe Racer, Kuda Besi Jokowi di Sirkuit Mandalika

Motor Jokowi2 - inilah.com
Presiden RI Joko Widodo

Jika sebelumnya motor custom yang ditunggangi Presiden RI Joko Widodo bergaya Bobber, namun saat mengelilingi Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021) berubah menjadi Neo Cafe Racer.

Sepeda motor yang menggunakan basis Kawasaki W175 itu sejatinya memiliki mesin berkapasitas 177 cc, satu silinder dengan transmisi manual lima percepatan dan sanggup melontarkan tenaga 12,8 tenaga kuda dengan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Adalah Atenk, Bos Katros Garage, orang yang dipercaya Jokowi untuk memodifikasi kuda besi miliknya. Awalnya motor custom itu mengusung aliran Street Tracker yang kemudian berubah menjadi Bobber dan kini bergaya Neo Cafe Racer.

Motor ini sempat menjadi perhatian publik setelah turun dari pesawat TNI di Bandara Lombok dan langsung menuju Sirkuit Mandalika. Yang menjadi fokus perhatian adalah di bagian body samping dan belakang motor itu terdapat grafis bertuliskan1 RI 1.

Baca juga  Jokowi Balapan di Sirkuit Mandalika, Erick Thohir Kibarkan Bendera Start

Tulisan itu sekaligus mempertegas bahwa motor custom tersebut milik orang nomor satu di Republik Indonesia. Saat berlaga di Mandalika, motor ini terlihat menggunakan fairing serta buritan layaknya motor balap klasik pada umumnya. Sementara bagian jok belakang memiliki gaya buntut tawon alias hornet.

Untuk peredam kejutnya dipilih suspensi upside down yang dikombinasi ban gambot dari Shinko E270 5.00-16. Alhasil, modifikasi aliran Neo Cafe Racer itu selesai dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Uniknya motor ini dimodifikasi tanpa bertemu dengan si pemilik. Padahal itu adalah penting untuk mengetahui posisi yang pas antara pemilik dengan sepeda motor yang akan ditunggangi, seperti posisi jok, tangki, serta letak footstep.

Sehingga, Atenk, sang perakit harus mencari tahu sendiri postur tubuh dan bagaimana cara mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengendari sepeda motor. Tujuannya adalah agar motor yang dimodifikasi bisa benar-benar nyaman dikendarai.

Baca juga  Kalender Sementara WSBK 2022, Mandalika Kebagian Slot 11-13 November

“Tantangannya ya ini, memodifikasi tanpa bertemu dengan pemiliknya untuk mengukur posisi riding yang pas dengan postur tubuh Bapak Jokowi,” katanya.

Sebelumnya, Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Timur menggunakan sepeda motor balapnya. Mantan Wali Kota Solo itu mengelilingi sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu bersama peserta lain yang berada di belakangnya.

Namun balapan ini bukan sebagai ajang balap sesungguhnya, melainkan hanya sebagai pembuka oleh Presiden RI sekaligus meresmikan sirkuit kebanggan masyarakat Indonesia. Dijadwalkan ada dua ajang balapan yang digelar yakni Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2021 dan World Superbike Championship (WSBK) 2021.

Baca juga  Resmi Tukangi Barcelona, Xavi Hernandez Dipandang Bakal Sukses

IATC 2021 berlangsung 12-14 November 2021 dan WSBK akan digelar 19-21 November 2021. Bahkan rencananya seri kedua MotoGP 2022 juga digelar di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Tinggalkan Komentar