Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

Net Zero Emission, Kadin Dorong Pengusaha Terapkan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Net Zero Emission, Kadin Dorong Proses Produksi Ramah Lingkungan

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia, Shinta Kamdani menyebut perlunya pengusaha berkomitmen dalam Net Zero Hub, sesuai target pemerintah tentang net zero emission pada 2060.

“Masalahnya banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana mencapai emisi karbon nol. Sekarang kami coba memfasilitasi perusahaan-perusahaan itu,” kata Shinta dalam Bincang Isu Perkotaan pada Presidensi G20 Indonesia, Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Net Zero Hub direncanakan akan menyasar perusahaan-perusahaan kecil dan menengah untuk dibantu menyusun standar aktivitas usaha yang lebih ramah lingkungan guna mencapai nol emisi karbon. “Karena mereka tidak melakukan sendiri, maka saya bilang banyak aspek kemitraan harus jalan,” ucapnya.

Baca juga
Dow Jones dan Harga Komoditas Dukung Penguatan Lanjutan IHSG

Dengan Net Zero Hub, Shinta berharap perusahaan-perusahaan kecil dan menengah juga akan memiliki peta jalan untuk mengarahkan aktivitas usaha kepada nol emisi karbon. “Jadi mulai dari baselining supaya masing-masing perusahaan, walaupun perusahaan menengah, punya roadmap untuk mencapai net zero carbon, ini kunci,” katanya.

Adapun perusahaan-perusahaan besar, terutama perusahaan multinasional, biasanya telah memiliki peta jalan ini yang ditentukan oleh kantor pusat mereka. “Pelaku usaha besar mereka juga harus lihat bagaimana perusahaan kecil dan menengah bisa dibantu didukung, apakah dengan dijadikan bagian dari supply chain mereka, bagaimana bisa mencapai sustainability, ini semua harus dikerjakan bersama-sama,” katanya.

Baca juga
Ikuti Perintah Jokowi Soal Ekonomi Hijau, BUMN Ini Bangun Green Housing

 

Tinggalkan Komentar