https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   31 August 2021 - 16:04 wib

Empat Manfaat Kopi Untuk Meningkatkan Imunitas

Kopi menjadi salah satu sumber untuk meningkatkan imunitas. menurut ahli gizi Ashley Reaver yang dilansir dari laman Theraflu, Jakarta, Selasa, (31/08/2021), kopi memiliki kandungan antioksi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memerangi inflamasi.

Terdapat sebuah hasil riset yang dikeluarkan Pharmacology & Therapeutics pada tahun 2006 yang membuktikan hal tersebut. Pada kopi hitam terdapat zat lain selain kafein yang juga menjadi pendukung meningkatkan pertahanan imun pada tubuh.

Beberapa zat tersebut antara lain L-theanine, zat yang memiliki produk metabolisme, Ethylamine.

Zat Ethylamine dapat memicu membantu sistem imun untuk melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

Lantas, apa saja manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh?

Pada masa pandemi covid-19, penting bagi tubuh dapat meningkatkan imunitas. Karena itu, konsumsi kopi hitam bisa dilihat memiliki manfaat yang banyak.

1. Menambah Energi


Ketika konsumsi kopi hitam, tubuh ternyata memproduksi epinephrine, yaitu adrenalin dalam darah karena kandungan kafeinnya. Hal ini bisa memberikan stimulus pada sistem saraf.

Kafein juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 3-11 persen.

2. Obati Sakit Kepala

Saat kondisi sedang stres, konsumsi segelas kopi merupakan hal yang bisa membuka awal hidupmu lebih tenang.

Ini dapat meredakan sakit kepala sementara karena kafein berperan penting dalam membantu mengurangi rasa sakit migrain dan sakit kepala ringan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak


Kopi hitam bermanfaat baik otak. Kafein adalah zat stimulan yang paling umum dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Kafein juga dapat diserap oleh tubuh dan akan menghambat hormon adenosin.

4. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe II

Konsumsi kopi hitam ternyata bisa menurunkan risiko diabetes tipe II lebih rendah. Penyakit diabetes tipe II adalah penyakit degeneratif yang disebabkan oleh kombinasi antara gaya hidup yang kurang sehat dan faktor genetik.

Konsumsi kopi hitam baik bagi kesehatan tetapi alangkah baiknya tetap memperhatikan konsumsi gulanya.


Komentar (15)

komentar terkini

berita-profile
3 pekan lalu
Tiara Firda Muttahari :
wah gasalah sih gua suka banget manual brew apalagi sekarang menemukan manual brew pake kopi kapal api the best
berita-profile
3 pekan lalu
Desya Ahlamunnisa :
Betul banget nih emang kopi hitam tuh banyak manfaatnya dan bisa buat naikin imun, ayah ku suka banget minum kopi kapal api katanya bisa ilangin sakit kepala
berita-profile
3 pekan lalu
Aund sheza :
Untungnya aku doyan banget ngopi kapal api,emang dasarnya doyan,eh manfaatnya juga banyak,apalagi lagi pamdemi gini,bagus buat imun tubuh🤗🤗
berita-profile
3 pekan lalu
Anggun Sagita324 :
Emang bener bangetsih ini menurut aku,soalnya aku udah ngerasain sendiri beberapa manfaatnya,kalo aku pribadi yg paling cocok kopi kapal api juaranya kalo udah masalah kopi begini mah 😍
berita-profile
3 pekan lalu
Claudia Joshua :
Nomor 1 itu fakta dan sudah aku buktiin karna sejak kuliah kan aku butuh energi yg banyak apalagi pas begadang jadi aku mulai langganan deh minum kopi kapal api 😍
berita-profile
3 pekan lalu
apri yanti :
Relate banget sih sama yg nomer 4, karena aku udah kebiasaan konsumsi kapal api yg tanpa gula , dan rasanya enak walau gak manis , wangjnya juga bikin relax 🥰🥰🥰
berita-profile
3 pekan lalu
Desy Ekasari :
Kopi hitam memang banyak manfaatnya salah satunya di poin satu bisa menambah energi,apalagi minum kopi kapal api kualitasnya sudah ga di ragukan lagi ❤
berita-profile
3 pekan lalu
Hengky Leonardo :
Gua setuju banget nih , apalagi baru bangun tidur kelar mandi duduk nyante nonton tv sambil ngopi pake kapal api sama goreng pisang behhh rasanya mantapp betttt , mata langsung melek daaa
berita-profile
3 pekan lalu
siska seftiani :
Keknya bener daaah ini... Tiap kalo lagi pusing tuh gue minum kopi kapal api kaan yaaak.. Eeehh ajaib nya pusing gue ilang..
berita-profile
3 pekan lalu
18-135 / Yenita Natawijaya :
Wah, banyak banget manfaat dari kopi ya.. Kemarin aku baru beli kopi kapal api yang luwak enak banget deh👏 tambah semangat ngopi tiap hari!!
berita-profile
3 pekan lalu
Andika Puspita :
Setuju sama poin satu, tiap hari sebelum beraktivitas aku minum kopi kapal api buat menambah energi biar gak lemes dan gak cepat ngantuk
berita-profile
3 pekan lalu
sarah wirdya :
Ga nyangka ya ternyata manfaat kopi sebanyak itu. Ga salah deh suamiku suka nyetok kopi kapal api dirumah. Mantap
berita-profile
3 pekan lalu
Hadhana Fathwa :
Bener bangeett, aku juga kalo lagi banyak banget tugas pasti buat kopi item dan kopi kapal api kecintaan aku bangettt
berita-profile
3 pekan lalu
Riszki 7R Official :
Kafein juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 3-11 persen. Kan bener berarti selama ini minum kopi kapal api pas dijam istirahat supaya badan bugar kembali. Pikiran yang tepat
berita-profile
3 pekan lalu
Cinta Sikumbang Turki :
Nomor 2 bener banget ni buat ilangin sakit kepala kwkwkw. Makanya sering banget minum kapal api. Kapal api emang the best banget ya. Mantap banget. Kopi emng banyak manfaat

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Jangan Kesusu Bangun Coffee Shop Sebelum Baca Ini

Kopi tak lagi identik dengan minuman orang tua, justru 
berita-headline

IXU

Tiga Manfaat Essential Oil untuk Kesehatan

Mengapa Essential Oil Memiliki Banyak Manfaat bagi kesehatan? Jawaban:Menu
berita-headline

Empati

Mengetuk Pintu Langit, Dahsyatnya Sedekah Subuh

Sedekah menjadi salah satu cara mengetuk pintu langit agar doa terkabul.  Adapun salah satu sedek
berita-headline

Inersia

Ini Sejumlah Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan

Kuaci kerap dijadikan camilan ringan karena membuat ketagihan. Pasalnya, selain karena ukurannya yan
berita-headline

Empati

Cerita Nakes Usai Vaksin Booster

Tenaga kesehatan (Nakes) menjadi orang yang pertama berhadapan langsung dengan pasien terkonfirma