https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   01 September 2021 - 14:59 wib

Erick Thohir: Sinergi BUMDes dan BUMN Perlu Dioptimalkan

Potensi pengembangan ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai cukup besar. Sayangnya, potensi tersebut belum diimbangi  dengan sinergi bersama BUMN untuk mampu mengelola potensi ekonomi secara merata.

"Kerja sama BUMDes dan BUMN perlu dioptimalkan untuk membangun keseimbangan dan pemerataan ekonomi," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

Menurut Erick Thohir, hal tersebut untuk memastikan ekonomi kelas bawah naik kelas, walau terus tetap membangun ekonomi kelas menengah dan atas.

"Tentu hal ini agar jangan sampai yang miskin semakin miskin, sementara yang kaya semakin kaya karena COVID-19 saat ini," kata Erick Thohir.

Ia mengatakan bersyukur di tengah kondisi pandemi ini bisa menjaga semangat sinergi dan kolaboratif, karena hal itu penting untuk membangun ekosistem dan ketahanan.

Tentunya manfaat dan hasil dari sinergi kolaboratif , kata dia, adalah untuk membantu masyarakat, dan  memastikan mereka tetap bisa menghidupi keluarga serta memiliki kesempatan di masa depan.

"Di sinilah peran kita, BUMN dan BUMDes masing-masing menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, apalagi BUMDes yang memiliki peran penting mengingat sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di pedesaan," kata Erick Thohir.

Ada ribuan BUMDes lanjut dia, yang harus jadi garda terdepan untuk memajukan dan mensejahterakan desa, terutama untuk masyarakat, pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan program-program BUMN harus dekat dan menyentuh masyarakat agar manfaatnya dapat dirasakan secara langsung.

Erick mengatakan bahwa sekarang saatnya beres-beres untuk permasalahan ekonomi dan program-program BUMN harus bisa menyentuh masyarakat.

Menteri BUMN mendapati masyarakat di level terbawah, terutama kalangan prasejahtera, merasakan perubahan dan perbaikan taraf hidup setelah bekerja sama dengan perusahaan BUMN.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Menteri BUMN Erick Thohir Dorong Solusi Hunian Berkonsep TOD untuk Milenial

Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan proyek properti berbasis transportasi massal (transit orien
berita-headline

Viral

Erick Thohir: Kementerian BUMN Komitmen Wujudkan Transparansi

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kementerian yang ia pimpin berkomitmen penuh dalam mewuju
berita-headline

Kanal

Sekolah Tatap Muka Dimulai, Erick Thohir Optimis Generasi Penerus Bangsa Tangguh

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku senang melihat anak-anak kembali
berita-headline

Viral

Erick Thohir: Pertamina Temukan 204 Juta Barel Sumber Migas Baru

Pertamina melalui anak usahanya berhasil menemukan sumber migas ba
berita-headline

Viral

Dorong Pos Indonesia dan O-Ranger Jadi Market Leader Kurir Logistik, Erick Thohir: Kedepankan Akhlak

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan kerja ke Bogo