https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   01 September 2021 - 22:03 wib

Penerima Vaksin Lengkap di Indonesia Kini Capai 36,3 Juta Orang

Penerima vaksinasi lengkap COVID-19 (dosis pertama dan kedua) di Indonesia hingga hari ini, Rabu (1/9/2021), telah mencapai 36.343.220 orang, usai penambahan 488.009 orang yang menerima suntikan dosis kedua.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Rabu pukul 12.00 WIB, jumlah warga yang sudah mendapat suntikan vaksin dosis pertama vaksin tercatat bertambah 833.667 orang menjadi total 63.944.955 orang.

Sementara untuk suntikan dosis ketiga, yang sampai saat ini diperuntukkan sebagai booster khusus untuk tenaga kesehatan (nakes), telah dijalani oleh 648.704 orang.

Pemerintah menargetkan 208.265.720 penduduk Indonesia mendapatkan vaksin COVID-19 secara lengkap, atau dua kali dosis vaksin, untuk mendapatkan kekebalan kelompok dari penyakit tersebut.

Dengan demikian, jumlah warga yang mendapat suntikan vaksin dosis pertama baru 30,70 persen dari total sasaran dan warga yang sudah selesai menjalani vaksinasi baru mencapai 17,45 persen dari seluruh target vaksinasi.

Pemerintah berupaya mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 dengan menyediakan lebih banyak fasilitas, termasuk di antaranya menyediakan pelayanan vaksinasi keliling, fasilitas lantatur vaksinasi, dan fasilitas pelayanan vaksinasi terapung.

Secara terpisah, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa program vaksinasi COVID-19 di Indonesia telah menembus 100 juta dosis selama penyelenggaraan 13 Januari hingga 31 Agustus 2021.

Siti Nadia mengatakan bahwa capaian tersebut diharapkan lebih memperlancar program vaksinasi nasional menuju target kekebalan kelompok sebanyak 400 juta dosis lebih dalam waktu yang telah ditetapkan pada 2022.

Berdasarkan jumlah warga negara yang telah mendapatkan vaksinasi, kata Siti Nadia, Indonesia menduduki peringkat keenam di dunia di atas Meksiko dan di bawah Jepang.

Selain itu, Indonesia juga berada di peringkat tujuh dunia berdasarkan total dosis suntik vaksin, di atas negara Turki dan di bawah negara Jerman.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Kepala Negara dan Diplomat Tak Perlu Tunjukkan Bukti Vaksinasi di Sidang PBB

Semua presiden, perdana menteri, dan diplomat yang akan mengikuti Sidang Majelis Umum Perserikata
berita-headline

Viral

Studi: Vaksin Ketiga COVID-19 Tingkatkan Imunitas 10 Kali Lipat

Vaksin ketiga COVID-19 bisa meningkatkan perlindungan imunitas 10 kali lipat terhadap infeksi, de
berita-headline

Viral

Kemenkes Lakukan Audit Vaksinasi COVID-19 Untuk Cegah Penyimpangan

Kementerian Kesehatan menggandeng BPKP dan berbagai pihak untuk melakukan audit secara berkala un
berita-headline

Viral

Menag Pastikan Program Vaksinasi untuk Santri Terus Berjalan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan program vaksinasi untuk jutaan santri terus
berita-headline

Viral

Genjot Target Vaksin, Pemerintah Dorong Capaian Vaksin Lansia dan Remaja

Perkembangan vaksinasi hingga saat ini berfokus untuk menggenjot vaksinasi untuk kelompok lansia