https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   02 September 2021 - 00:19 wib

Ekspansi ke Sektor Otomotif, Xiaomi Daftarkan Unit Bisnis EV

Salah satu raksasa teknologi China, Xiaomi, dilaporkan telah menyelesaikan pendaftaran unit bisnis kendaraan listrik (EV) yang disebut sebagai Xiaomi EV Inc.

Mengutip Reuters, Xiaomi mengatakan unit bisnis baru itu dibuka dengan modal terdaftar 10 miliar yuan (Rp22 triliun) dan CEO Xiaomi Lei Jun sebagai perwakilan hukum.

Sejauh ini, sekitar 300 orang telah direkrut sebagai tenaga kerja untuk unit bisnis EV dan ke depan perusahaan masih akan merekrut pekerja.

Langkah Xiaomi ini menandai tonggak terbaru terkait ambisi ekspansi merek ke sektor otomotif. Sebelumnya pada Maret, perusahaan yang dikenal sebagai pembuat ponsel terlaris ini telah mengkonfirmasi akan terjun ke bisnis mobil listrik dan akan menginvestasikan US$10 miliar (sekitar Rp142,9 triliun) untuk bisnis ini selama 10 tahun ke depan.

Kala itu, Lei Jun mengatakan bahwa dorongan bisnis ke unit kendaraan listrik akan menandai 'proyek kewirausahaan besar terakhirnya'.

Pada Rabu pekan lalu (25/8/2021), Xiaomi mengakuisisi startup kendaraan otonom Deepmotion senilai US$77,3 juta (sekitar Rp1,1 triliun) sebagai upaya untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan perusahaan (R&D).

Xiaomi juga mengatakan bahwa mereka telah melakukan lebih dari 2.000 survei wawancara serta mengunjungi lebih dari 10 rekan dan mitra industri. Namun, perusahaan itu belum memaparkan detail strategi bisnis untuk sektor otomotif atau jenis kendaraan seperti apa yang akan diluncurkan meski telah melakukan pembicaraan dengan beberapa produsen mobil.

Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang berencana mengembangkan kendaraan listrik dan otonom. Perusahaan lain seperti Huawei, Apple, hingga OPPO dikabarkan tengah bersiap masuk ke pasar otomotif.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Bakal Dijual Tahun Ini, Mazda Ungkap Mobil Listrik Pertamanya

Mazda Motor Corporation mengungkap mobil listrik pertama mereka, yakni Mazda MX-30 EV, yang bakal
berita-headline

Inersia

Dirikan Pabrik Baterai Terbesar, Indonesia Siap 'Bermain' di Pasar Mobil Listrik

Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking pabrik baterai Hyundai-LG di Kara
berita-headline

Inersia

Proses Parkir Porsche Taycan Kini Bisa Dikontrol dari Smartphone

Pabrikan mobil sport Jerman, Porsche, baru saja memperkenalkan update terbaru dari teknolo
berita-headline

Inersia

Deretan Ponsel Baru yang Meluncur di Indonesia Sepanjang September 2021

Pasar ponsel pintar di Indonesia tetap semarak di tengah pandemi Covid-19. Ini dipengaruhi oleh a
berita-headline

Viral

Kominfo: Perpanjangan Diskon PPnBM Demi Pemulihan Ekonomi

Pemerintah resmi