https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   02 September 2021 - 14:03 wib

Kemenkes Tetapkan Harga Tes Antigen jadi Rp99 Ribu

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Abdul Kadir menjelaskan adanya penurunan harga Rapid Diagnostic Test (RDT) atau Rapid Test Antigen menjadi Rp99 ribu untuk daerah di Jawa-Bali.

Kemudian harga Rp109 ribu untuk daerah luar Jawa-Bali. Abdul Kadir menambahkan hal tersebut menjadi batasan tarif tertinggi pemeriksaan screening covid-19. Keputusan tersebut sudah disepakati bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI usai mempertimbangkan berbagai aspek dan penyesuaian kondisi pandemi covid-19 saat ini.

"Dari hasil evaluasi, kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Test Antigen diturunkan menjadi Rp99 ribu untuk daerah Pulau Jawa-Bali, serta sebesar Rp109 ribu untuk daerah di luar Jawa-Bali," kata Kadir melalui konferensi pers secara virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, baru-baru ini.

Masih menurutnya, hal ini diputuskan berdasarkan beberapa evaluasi dan pertimbangan perhitungan biaya, pengambilan, hingga pemeriksaan RDT Rapid Test Antigen.

Beberapa komponen yang dimaksud yaitu jasa pelayanan atau SDM, reagen, bahan medis habis pakai (BMHP), biaya adminstrasi, overhead, dan beberapa komponen biaya lain yang disesuaikan dengan kondisi ini.

Patokan harga tarif tertinggi itu turun dari harga awal yang ditetapkan Kemenkes melalui Surat Edaran No HK.02.02/I/4611/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Tes Antigen-SWAB yang dikeluarkan per tanggal 18 Desember 2020.

"Kami meminta kepada semua kepala dinas kesehatan provinsi dan dinas kesehatan kabupaten/kota untuk dapat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemberlakuan pelaksanaan batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antigen sesuai kewenangannya masing-masing, dan sesuai ketentuan peraturan UU," ujar Kadir.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Empati

Pasien Covid Tak Harus Meninggal, Cukup Terapi Multivitamin

Dokter Estetika Amira Farahnaz, sudah 18 bulan berkutat dalam menangani pasien Covid-19. Tingkat
berita-headline

Viral

Kemenkes Lakukan Audit Vaksinasi COVID-19 Untuk Cegah Penyimpangan

Kementerian Kesehatan menggandeng BPKP dan berbagai pihak untuk melakukan audit secara berkala un
berita-headline

Viral

Daftar Bank yang Raih Penghargaan Indonesia Top 40 Bank Awards 2021

Laju pertumbuhan ekonomi yang membaik pada kuartal kedua tahun 2021 sebaiknya harus dijaga bersama.
berita-headline

Inersia

Pentingnya Perhatikan Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Kesehatan mental menjadi salah satu isu yang marak dibicarakan terutama di masa pandemi saat ini.
berita-headline

Inersia

Mengenal Anuerisma Otak yang Sebabkan Pendarahan

Aneurisma otak mungkin banyak yang belum memahaminya. Namun diperkirakan sekitar 500.000 orang me