https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   03 September 2021 - 16:37 wib

Ini Mie Ayam Legendaris di Jakarta yang Wajib Dicoba

Mie ayam atau bakmi ayam merupakan makanan favorit setiap orang. Selain menjadi jajanan di pinggir jalan, mie ayam juga biasanya menjadi makanan yang diburu oleh para pecinta mie.

Saat ini, kita disajikan banyak pilihan untuk jajanan mie ayam ini. Ada yang bentuknya masih jajanan kaki lima hingga ada juga yang sudah disajikan di restoran. Semua tergantung pilihan masing-masing.

Di Jakarta, banyak lokasi yang menjadi tempat wisata kuliner mie ayam. Selain karena rasanya, para pecinta mie ayam ini selalu datang karena mie tersebut sudah ada sejak belasan tahun hingga puluhan tahun. Sehingga untuk cita rasa mie ayamnya sudah dipastikan otentik.

Kebanyakan pejual mie ayam yang legendaris ini berasal dari keturunan Tionghoa, namun makanannya sudah dipastikan halal alias non kandungan babi.

Berikut lokasi mie ayam yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner mie ayam di Jakarta;

1. Bakmi Gang Kelinci

Warung bakmi sederhana ini sudah berdiri sejak tahun 1957. Dari awal buka hingga kini, bakmi legendaris tersebut beralamat di Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3, Jakarta Pusat.

Awalnya, Bakmi Gang Kelinci hanya berupa warung sederhana yang dikelola langsung oleh pendirinya, Nyonya Fatmawati. Perempuan keturunan Tiongkok itu dengan ulet meracik bumbu-bumbu bakmi sendiri. Resep tersebut masih dipertahankan hingga kini.

Menu andalan dari Bakmi Gang Kelinci adalah bakmi ayam yang terdiri dari bakmi, ayam kecap, ayam putih, sawi rebus, dan jamur kecap. Bakminya tidak terlalu lembut dan masih memiliki tekstur setengah matang dan tidak lembek.

Selain itu, bakmi bebas dari kandungan babi. Bahan yang digunakan seperti ayam, jamur, sapi, dan bahan tak mengandung babi lainnya. Sebab minyak yang digunakan pun bukan minyak babi, melainkan minyak sayur.

Harga Bakmi Gang Kelinci adalah Rp27.000. Kamu bisa tambahkan makanan pendamping untuk bakmi seperti pangsit, bakso sapi, bakso ikan, dan lain-lain. Kisaran harga untuk tambahan makanan pendamping ini Rp11.000 hingga Rp16.000.

Untuk hidangan selain bakmi adalah aneka olahan cumi, cah kangkung, sapo tahu, aneka masakan gurame, kwetiau, dan lain-lain. Kisaran harga dari Rp20.000 hingga Rp80.000.

2. Bakmi Boy

Bakmi Boy juga menjadi salah satu kedai bakmi ayam tertua yang ada di Jakarta karena sudah beroperasi sejak tahun 1963. Lokasinya ada di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan

Untuk seporsi Bakmi Boy ini lumayan banyak. Namun bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan porsi yang terlalu banyak juga bisa memesan dengan porsi yang regular biasa.

Satu porsi bakmi biasanya berisikan mie yang ditaburi daging cincang di atasnya kemudian dilengkapi pangsit rebus sebagai pendamping. Untuk tekstur mienya sendiri cukup lembut dan memiliki rasa yang gurih.

Untuk menu di Bakmi Boy, Anda dapat memilih berbagai varian hidangan mulai dari bakmi kuah, bihun, kwetiaw dan yamin. Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi Bakmi Boy, dapat mampir ke Pasar Santa dan Mayestik.

Mengenai biaya, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai Rp21.000 untuk menyantap seporsi. Bakmi Boy buka setiap hari kecuali hari Minggu dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

3. Bakmi Babah Tong

Bakmi Babah Tong ini berlokasi di Jalan Matraman Raya, posisi warung ini memang agak menyempil karena sering tertutup deretan mobil yang terparkir di depan warung tersebut.

Namun jika kamu ingin kesana, coba perhatikan dengan teliti jangan sampai terlewat, karena di depan warung bakmi Babah Tong terdapat sebuah plan bertuliskan ‘RM BBT’.

Bakmi Babah Tong ini sudah buka sejak awal tahun 1970-an. Dengan menjaga cita rasa original, menu bakmi pangsit rebus dan bakso pun menjadi menu andalan yang disajikan sejak lama.

Pangsit berisi udang kering yang dimakan bersama mi segar cukup bikin kenyang. Kalau tak cukup, bisa ngemil pangsit goreng yang ukurannya jumbo. Anda perlu mengeluarkan biaya mulai Rp24.000 untuk dapat menikmati seporsi Bakmi Babah Tong.

4. Bakmi Alip


Bakmi Alip memilki cita rasa yang khas karena mienya tidak terlalu berminyak, tanpa bahan pengawet dan MSG, namun tetap memberikan kesan rasa gurih dengan potongan topping ayam dan jamu. Warungnya berlokasi di daerah Sawah Besar, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Sukarjo Wiryopranoto No.20C.

Mie Alip bertempat di sebuah ruko kecil dengan spanduk berwarna kuning dan gerobak sederhana. Mie Alip cocok bagi yang ingin sekedar makan siang atau sarapan, karena tempatnya yang cukup kecil dan hanya dilengkapi dengan kipas angin.

Harga seporsinya mulai dari Rp32.000, berupa mie ayam dengan tambahan pangsit atau bakso. Untuk baksonya ada pilihan bakso urat yang gurih kenyal. Sedangkan pangsitnya berisi ayam yang sudah dicincang halus.

Kalau mau tambah bumbu, tersedia di atas meja berupa daun bawang, tongcay, acar cabai hijau kecil, dan sambal. Mie Alip buka dari pagi hingga sore hari setiap hari.

5. Mie Ayam Gondangdia



Mie Ayam Gondangdia berlokasi di Jalan Cikini IV No. 12A, Jakarta Pusat. Warung mie ayam ini sudah ada sejak 1968, di sini ada pilihan mie ayam, mie baso, mie pangsit, mie pangsit goreng, dan mie baso pangsit.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp27.000 sampai Rp45.000. Ciri khas Mie Ayam Gondangdia adalah teksturnya halus dengan potongan daging ayam empuk dan manis. Untuk kuah kaldunya terasa gurih menyegarkan.

Mie Ayam Gondangdia juga menawarkan makanan oriental lain. Misalnya saja bihun goreng seafood dan ayam kuluyuk. Tak ketinggalan fuyunghai yang menggugah selera dengan isian daging ayam dan kol.

Mie Ayam Gondangdia ini juga menjadi makanan favorit pejabat, sebut saja salah satunya Presiden Megawati Soekarnoputri yang menjadi salah satu pelanggan mie ayam ini.

6. Mie Ayam Acing

Mie Ayam Acing termasuk salah satu mie ayam yang legendaris di Jakarta. Warung mie ini sudah ada sejak tahun 1985 dan berlokasi Jalan Dr. Muwardi I No.15, RT.15/RW.3, Grogol, Jakarta Barat.

Menu yang disajika di sini memang tidak begitu bervariasi karena hanya terdapat mie ayam pangsit saja. Namun makanan lainnya juga hanya ada seperti siomay, bakso goreng, dan pangsit goreng.

Ada beberapa ukuran porsi di warung Mie Ayam Acing ini. Bagi kamu yang suka makan banyak, di sini tersedia ukuran jumbo yang porsinya sudah pasti melimpah. Untuk topping-nya kamu bisa memilih ayam bagian paha atau dada.

Tekstur mienya sendiri seperti mie karet yang berukuran lebih besar dan agak kenyal. Warung mie ini buka dari pukul 07.00 hingga 14.00 WIB. Harga seporsi ukuran regular atau biasa Rp32.000.

7. Mie Ayam Jamur Tip Top

Warung mie ayam ini berada di Pasar Senen Blok 3 Lantai 3, Jakarta Pusat dan sudah ada sejak tahu 1984.

Awalnya warung mie ayam ini berada di lantai dasar kawasan Pasar Senen. Namun pindah lokasi setelah terjadinya kebakaran di kawasan Pasar Senen beberapa waktu lalu.

Menu yang disediakan Mie Ayam Tip Top ini sangat bervariasi mulai dari Mie Ayam Jamur komplit, Mie Goreng, Kwetiau Goreng, Bihun Goreng, Nasi Goreng, Bakso, Pangsit Rebus. Harga seporsi Mie Ayam Jamur Komplit (TOP) Rp30.000.

Hidangan yang disajikan di warung Mie Ayam Tip Top ini dipastikan halal dan bebas dari kandungan yang berbahan dari babi.
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Hangout

Rayakan Tahun Kedua, Mangkokku Komitmen Lestarikan Kuliner Indonesia

Memasuki tahun ketiga beroperasi, Mangkokku berkomitmen untuk menjadi perusahaan rintisan (startup)