https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   04 September 2021 - 18:09 wib

Yakin Kamu Tak Ditawan Kecanduan Sederhana?

Komika Coki Pardede ditangkap Polisi lantaran menggunakan sabu. Itu ditempuhnya demi sebuah kepercayaan diri, ditambah kesenangan pribadi.

Pria terlahir dengan nama Reza Pardede itu sempat berniat berhenti menggunakan sabu. Tetapi kecanduan membuatnya tak berdaya. Ke luar dari tawanan lingkaran obat terlarang pun akhirnya hanya sebatas angan-angan yang dipendam lalu diungkapkan saat ditangkap aparat.

"Dia sempat berhenti, dan mulai aktif setahun ini. Dan sepertinya dia menggunakannya juga sudah addict," kata Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang AKBP Pratomo Widodo, Sabtu (4/9/2021).

Menjalani kehidupan bukan perkara mudah, beragam masalah datang silih berganti menemani hidup. Salah satunya kecanduan. Kata lain dari ketagihan itu juga masalah serius.  

Candu menyebalkan. Memaksa untuk  berpetualang sekali terkena racunnya, kamu terperangkap dan terus mencari cara berkelana untuk tiba di destinasi impianmu yang 'serong'. Akhirnya lain dulu lain sekarang, dulu malu-malu sekarang kecanduan.

KBBI mendefenisikan candu sebagai sesuatu yang menjadi kegemaran. Sering kali kata candu lebih disematkan kepada barang-barang yang negatif, seperti obat-obatan, rokok hingga minuman beralkohol. 


Padahal ada hal sederhana lainnya yang kita sadari atau tidak ternyata bagian dari kecanduan. Berikut  jenisnya yang dirangkum Inilah.com dari berbagai sumber: 

Nonton Televisi

Mungkin banyak yang masih jadi penonton setia televisi. Aktivitas ini memang membuat kita merasa lebih rileks. Persoalannya timbul bila terlalu betah menonton. Timbul  rasa malas melakukan hal lain berujung kecanduan.

Bahkan ada penelitian yang menunjukan, orang yang menonton banyak episode serial televisi dalam sekali waktu adalah orang kesepian dan sedih. 

Jadi menonton  dalam waktu yang cukup lama secara terus menerus bukan untuk mengusir kebosanan, tetapi menandakan ada sesuatu yang serius dengan mental Anda.

Internet

Penggunaan Internet sangat populer. Saat ini terus berkembang dalam kehidupan manusia. Namun, ada efek negatif seiring dengan pertumbuhannya. 

Seperti mulai kurang komunikasi tatap muka, karena memilih berkomunikasi melalui Internet. Menurun kreativitas, karena akses cepat ke informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Lalu banyak waktu untuk bekerja atau belajar kurang efektif. Terbuang sia-sia karena terlalu lama berselancar di Internet.

Kecanduan internet tak hanya memiliki efek pada kesehatan fisik Anda, tetapi  dapat juga mempengaruhi kesehatan emosional secara langsung. 

Berada di Zona Nyaman

Zona nyaman adalah suatu keadaan dimana merasa aman, nyaman dengan apa yang sudah dimiliki. Ternyata ini juga berbahaya. Kenapa? Justru di zona nyaman membuat Anda semakin sulit berkembang dan jauh dari kesuksesan. 

Menutup diri terhadap perubahan dan perkembangan. Alasan takut bahwa perubahan tersebut akan membawa ketidaknyamanan dalam hidup.

Padahal untuk mencapai kesuksesan yang di impikan salah satunya adalah keluar dari zona nyaman. Jadi hal yang besar tidak datang dari zona nyaman.

Bagaimana Mengatasi Kecanduan? 

Pertama, mengakui bahwa kecanduan tersebut adalah masalah, karena menimbulkan kesukaan yang berlebih. Terus dibiarkan, berdampak buruk bagi eksistensi Anda ke depan. 

Sesungguhnya dalam hidup ini Anda dan saya tak pernah bertemu dengan hal yang salah, hanya saja ada yang menjadi baik ada juga yang menjadi pelajaran.

Kedua, mecoba perlahan meninggalkan kebiasaan. Kecanduan terhadap sesuatu mustahil ditinggalkan apabila masih melakukan kebiasaan yang berhubungan dengan hal yang mencandu. Cobalah meninggalkan kebiasaan itu sampai tubuhmu terbiasa tak melakukannya.

Jadi berubah pada awal memang terasa berat, lalu kacau di tengah-tengahnya, dan sangat indah pada akhirnya. 

Ketiga, cintai diri sendiri. Memulainya dengan berpikir bahwa yang membuat candu itu tidak baik bagi tubuh jika berlebihan. Perlahan bakal timbul rasa cinta terhadap kesehatan diri sendiri dan mulai sadar meninggalkan kebiasaan tersebut. Demi masa depanmu lebih baik maka berusahalah mulai dari sekarang. 

Kesimpulan, kecanduan ibarat seorang tawanan perang yang ditangkap dan ditahan di bawah kendali musuh. Tetapi musuh tak memborgol sang tawanan. Juga selalu ada celah untuk pergi dari ruang tawanan jika mau berusaha. 

Kelihatannya semua itu mustahil. Tetapi perlu dicatat bahwa semua usaha bakal sampai pada titik bukti. Hambatan tak bisa menghentikan Anda. Masalah tak bisa menghentikan Anda. Orang lain tak bisa menghentikan Anda. Hanya Anda yang bisa menghentikan Anda.

Jangan biarkan musuh,  menawan Anda terlalu lama. Hargai semua momen bahagia Anda.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan