https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   06 September 2021 - 18:01 wib

Aplikasi Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Juga Fiturnya

berita-profile

Inilah

0

0

Di era digital seperti saat ini, di dalam sebuah perusahaan akan menggunakan aplikasi yang berbasis digital untuk menjadikan pekerjaan menjadi lebih mudah dan juga lebih efisien. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, pekerjaan akuntan di perusahaan anda menjadi lebih mudah dan juga akurat.

Apa Itu Aplikasi Akuntansi?

Aplikasi akuntansi adalah aplikasi yang bisa memudahkan anda dalam hal perhitungan laporan keuangan, neraca, dan juga laporan keuangan lainnya dalam suatu perusahaan. Jenis aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dalam mengatur keuangan mereka. Di dalam artikel ini juga akan dijelaskan beberapa manfaat dan juga fitur yang bisa anda dapatkan kalau menggunakan software akuntansi ini. Simak sampai akhir, ya!

Seperti yang sudah diketahui, akuntansi adalah ilmu yang bisa anda gunakan untuk menghitung dan juga mencatat segala transaksi yang digunakan oleh perusahaan. Dan dengan berbagai manfaat, akuntansi ini pisa menjadi sebuah pilar dari sebuah perusahaan.

Dan juga ketika anda menggunakan aplikasi khusus yang bisa membantu anda mengengerjakan akuntansi juga bisa membuat pekerjaan anda menjadi lebih mudah. Maka dari itu sekarang sudah banyak perusahaan yang beralih dari akuntansi manual ke aplikasi akuntansi ini. Ini dikarenakan juga dengan menggunakan aplikasi ini bisa membantu anda dalam hal mengerjakan berbagai dokumentasi di perusahaan anda.

Saat ini juga banyak hal yang sudah terkoneksi dengan digital dengan menggunakan aplikasi, dari berbagai bidang, salah satunya adalah akuntansi. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, pekerjaan akuntan anda juga bisa menjadi lebih mudah.

Pengertian Aplikasi Akuntansi

Secara bahasa, aplikasi adalah perangkat lunak yang dijalankan di dalam sistem komputer maupun smartphone. Pada area digital seperti saat ini, software digunakan oleh berbagai perusahaan dan juga memudahkan pekerjaan seseorang yang berkaitan dengan akuntansi.

Kalau biasanya akuntansi dikerjakan dengan media manual seperti buku, dan juga jurnal. Semua hal dilakukan dengan manual yang membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama.

Dan selain itu, mode manual juga kurang transparansi dan menyulitkan pihak akuntan. Dan alasan ini juga menjadikan banyak pihak yang sudah mulai berganti menggunakan software akuntansi seiring dengan berkembangnya banyak aplikasi digital yang tersedia.

Hal ini pula yang mendasari mengapa banyak perusahaan sudah mulai beralih menggunakan aplikasi akuntansi, alih-alih menghitung akuntansi dengan manual.

Pengertian dari software akuntansi adalah aplikasi yang diperuntukkan membantu proses yang berhubungan dengan kegiatan akuntansi, dan manfaat dari penggunaan aplikasi ini juga ada banyak. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi akuntansi.

Manfaat menggunakan aplikasi akuntansi di perusahaan anda


 
Aplikasi ini adalah sebuah layanan aplikasi yang hadir guna membantu pekerjaan seorang akuntan. Dan kalau dibandingkan dengan metode manual, cara ini akan lebih praktis dan juga akurat.
Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi akuntansi :
1.      Mengatur keuangan.
Anda bisa menggunakan software akuntansi ini untuk membantu mengatur keuangan atau financial controlling yang anda lakukan dengan cara menginput data pada softwarenya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencatat piutang, hutang, dan juga bisa anda gunakan untuk menghitung besarnya laba dan rugi setiap periode akuntansi.

2.      Menghemat pengeluaran.
Kalau anda mencatat setiap transaksi di sebuah buku secara manual, tentunya anda juga harus membeli buku dan juga alat tulis cukup banyak dan menghabiskan pengeluaran anda. Dan untuk menghemat pengeluaran anda, anda bisa membeli produk dari aplikasi akuntansi ini. Dan anda juga bisa pengeluarana anda.

3.      Lebih akurat
Seorang akuntan yang harus menghitung angka dan juga nominal uang di setiap harinya, dan hal ini pasti membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk bisa akurat. Dan yang namanya manusia biasa juga pastinya akan mengalami human error, dan hal ini bisa berakibat fatal apalagi kalau yang dihitung adalah jumlah uang yang cukup banyak.
Dan dengan anda menggunakan software akuntansi ini, perhitungan anda bisa menjadi otomatis dan juga lebih akurat dan juga tepat waktu.

4.      Lebih Efisien
Kalau anda menggunakan aplikasi akuntansi ini untuk menghitung keuangan perusahaan anda, anda akan menjadikan pekerjaan anda menjadi lebih efisien dan proses pencatatan data juga bisa dikerjakan dengan cepat dengan kesalahan minimal.
Kalau anda mendapati suatu kesalahan dalam perhitungan akuntansi pun, anda bisa menghitungnya dari yang salah dan tidak usah menghitung dari awal.

5.      Perhitungan otomatis

Ketika anda menggunakan aplikasi akuntansi ini, anda tidak hanya menghitung data transaksi saja, namun anda juga bisa menghitung nominal jumlah keuntungan, piutang, hutang, dan juga yang lainnya.
Anda juga bisa menjadikan data rujukan dihitung kembali dengan menghitung dan menggunakan rumus yang telah ditentukan untuk pengambilan keputusan anda. Dan kalau anda menghitung dengan menggunakan aplikasi akuntansi, semua ini bisa anda hitung secara otomatis dan cepat.

6.      Cepat
Hal lain yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah penyajian data yang real time dan tepat waktu. Dan dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa membantu atasan anda untuk memantau hasil pekerjaan anda dan juga perkembangan perusahaan dari jarak jauh.

Fitur Aplikasi Akuntansi

Nah, setelah membahas mengenai manfaat dari aplikasi akuntansi ini, berikut ini adalah beberapa fitur yang akan anda temukan jika anda menggunakan aplikasi akuntansi..
1.      Manajemen Laporan Keuangan
Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, anda juga bisa membantu untuk mengatur manajemen laporan keuangan di perusahaan anda. Dan fitur ini pula yang menjadi salah satu fitur utama dan banyak dicari oleh perusahaan. Dan dikarenakan untuk pelaporan manual bisa terjadi human error jadi data yang disajikan kurang akurat. Tentu saja hal ini bisa berdampak negatif pada keuangan di bisnis anda pada masa depan.
Dan sekarang juga banyak perusahaan yang sudah tidak menggunakan kertas maupun aplikasi spreadsheet guna membuat laporan keuangan karena sudah tidak efisien. Dan karena ini juga fitur manajemen keuangan bisa anda gunakan untuk mengatur akuntansi.
Dan dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, anda bisa membuat beberapa jenis laporan keuangan dengan cepat dan juga instan. Aplikasi akuntansi ini juga bisa membuat data secara realtime dan sesuai dengan peraturan keuangan di Indonesia.

2.      Manajemen Faktur & Transaksi
Anda juga bisa menggunakan aplikasi akuntansi untuk mengatur faktur dan transaksi di perusahaan anda. Kalau anda tidak menggunakan aplikasi dan mengelola faktur dalam bentuk manual ini akan menjadikan pekerjaan anda menjadi lebih merepotkan. Dan juga faktur dalam bentuk kertas akan mudah rusak dan juga hilang. Dan dengan anda menggunakan aplikasi ini, bisa membuat manajemen faktur dan transaksi menjadi lebih sederhana dan juga mudah. Ini dikarenakan mengurus manajemen faktur anda juga berpengaruh pada arus kas perusahaan.
Dengan menggunakan aplikasi ini anda juga bisa mengelola tagihan klien dengan mudah dan juga bisa melihat riwayat transaksi dikarenakan semuanya tersimpan di satu aplikasi, dan aplikasi ini juga menyediakan fungsi reminder untuk faktur yang belum diselesaikan.

3.      Manajemen Laba/Rugi Nilai Tukar
Kalau perusahaan anda adalah perusahaan yang sering melakukan transaksi dengan mata uang asing, biasanya anda juga merasa kesulitan untuk menghitung laba dan rugi di setiap transaksi anda. dan dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, anda bisa menghitung laba/rugi dengan lebih mudah.
Dan anda juga bisa menghitung laba rugi dengan mudahnya. Laba dan rugi akan dengan mudah terealisasi dikarenakan sudah tersedia layanan otomatis dan bisa anda hitung juga selisih antara kurs yang anda hitung pada pembayaran faktur pada periode yang sama. Dan juga laba rugi yang masih berbentuk hutang maupun piutang bisa anda hitung di setiap akhir bulan.

4.      Cash Flow Forecasting
Cash flow forecasting (perkiraan arus kas) bisa dikatakan sebagai aplikasi akuntansi yang saat ini paling dibutuhkan oleh perusahaan. Namun sayangnya, sampai saat ini masih belum banyak yang memiliki fitur ini. Dengan fitur ini, anda bisa memprediksi perusahaan dengan membuat prediksi pendapatan serta keuntungan dan juga biaya perusahaan, hingga kerugian bisnis yang bisa anda atur sendiri dan juga membantu untuk mengalokasikan dana perusahaan. Prediksi arus kas juga bisa anda gunakan untuk membantu perusahaan dalam hal mencari investor. Ini dikarenakan mereka juga perlu untuk memeriksa dan meninjau prospek perusahaan sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi.

5.      Manajemen Depresiasi Aset
Dengan menggunakan aplikasi akuntansi juga bisa membantu anda untuk mengatur aktiva atau aset yang berwujud. Aktiva tetap ini adalah aset berwujud yang relatif tahan lama dan biasanya digunakan oleh perusahaan guna menghasilkan barang maupun jasa. Aktiva tetap ini juga termasuk dalam aset perusahaan. dan dikarenakan pemakaian aset ini berkala, maka biasanya nilai dari aset tersebut akan turun nilainya dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, menghitung penyusutan asset pun bisa anda lakukan dengan hitungan detik saja.  

Bagaimana Caranya Menemukan Aplikasi Akuntansi yang Tepat Untuk Bisnis Anda?


Setelah anda mengetahui manfaat dan juga fitur-fitur yang ada pada aplikasi akuntansi, pastinya anda bertanya-tanya aplikasi apa yang cocok untuk digunakan pada perusahaan anda. namun sayangnya, tidak semua aplikasi memiliki Kini Anda telah mengetahui fitur-fitur aplikasi akuntansi yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Sayangnya, tidak semua aplikasi keuangan di Indonesia menyediakan fitur-fitur tersebut. Akibatnya, banyak perusahaan yang menggunakan lebih dari satu sistem untuk melengkapi kekurangan dari sistem lainnya.

Untuk dapat menemukan aplikasi akuntansi yang terbaik, perusahaan harus terlebih dahulu  memahami kebutuhannya. Selanjutnya, perusahaan perlu membuat rangkuman terkait solusi yang diharapkan dan mengetahui siapa saja yang akan mendapatkan manfaat dari software akuntansi yang akan diimplementasikan. Kemudian, perusahaan harus memastikan bahwa sistem akuntansi yang dipilih telah sesuai dengan anggaran mereka dan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Anda juga bisa menggunakan jurnal sebagai aplikasi akuntansi bisnis anda. Jurnal sedia kan software akuntansi berbasis awan yang lebih cocok digunakan oleh berbagai bisnis berskala kecil dan menengah di Indonesia. Tanpa cost instalasi di awal, aplikasi keuangan Jurnal bisa dibuka berasal dari mana pun bersama pakai internet.

Jurnal sedia kan berbagai fitur penting seperti pelaporan lengkap dan real time, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pelacakan persediaan, dan manajemen aset. Aplikasi akuntansi ini terhitung amat mungkin pengguna untuk menghubungkan account bank mereka lewat fitur Cash Link. [adv]

Tag :
Ekonomi
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Sinyal Pemulihan Ekonomi Global Mulai Bangkit

Sinyal pemulihan ekonomi global mulai terasa. Dari perbaikan aktiv
berita-headline

Kanal

Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Ekspor, Bea Cukai Aktif Berikan Asistensi Pelaku Usaha Dalam Negeri

UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Meskipun demikian, pa
berita-headline

Inersia

Sektor Teknologi Dinilai Menjadi Penggerak Ekonomi Sampai 2030

Sektor layanan di bidang teknologi diperkirakan tetap berpotensi cerah pada tahun-tahun mendatang
berita-headline

Viral

Survei: Masyarakat Tak Puas dengan PPKM

Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei kepada publik tentang kebijakan PPKM (Pemberla