https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   08 September 2021 - 16:06 wib

Prabowo, Anies, Ganjar, Rajai Survei Tokoh Pemilu 2024

Viral
berita-headline

Prabowo, Anies dan Ganjar Berada di Posisi Teratas Survei SPIN

Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas berdasar hasil survei Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) bertajuk "Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024".

"Prabowo Subianto juara dengan perolehan elektabilitas sebesar 21,9 persen, disusul berturut-turut oleh Anies Baswedan 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen," kata Direktur SPIN, Igor Dirgantara saat memaparkan hasil surveinya pada Rabu siang (7/9/2021).

Igor menambahkan, selain melihat tingkat elektabilitas, sisi popularitas nama-nama tokoh yang kemungkinan bakal maju dalam Pilpres 2024, Prabowo juga dinilai lebih banyak disukai oleh masyarakat Indonesia."Prabowo masih memiliki tingkat kesukaan yang paling tinggi dibanding calon lainnya. Ada sebesar 76,6 persen responden yang suka," tuturnya.

Igor menilai, hal ini bisa jadi hal ini terjadi karena ada peristiwa yang diketahui publik terkait aktivitas-aktivitas publiknya yan tersebar luas dan sangat mudah diakses oleh publik. Oleh karena itu tidak mengherankan bila Elektabilitas Prabowo berada diposisi puncak dengan perolehan sebesar 21,9 persen.

Sementara itu, pada urutan keempat ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 8,7 persen, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diurutan kelim dengan 5,0 persen.

Kemudian, Menparekraf Sandiaga Uno 4,9 persen, Ketua DPP PDIP Puan Maharani memeroleh sebesar 23 persen, Mensos Tri Rismaharini 1,8 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1.6 persen.

"Lalu Gatot Nurmantyo 1,3 persen, Airlangga Hartarto 1,0 persen, Erick Thohir 0,9 persen, Mahfud MD 0,7 persen, dan Tito Karnavian 0,7 persen," demikian Igor.

Survei SPIN ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1670 dari 34 provinsi di Indonesia. Survei ini digelar pada periode 7-21 Agustus 2021 dengan margin of eror 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, di dalam survei yang dilakukan SPIN, mayoritas masyarakat juga melihat kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo juga baik, begitu juga di dalam penanggulangan pandemi Covid-19."Sebagian responden, agregat 46,6 persen menjawab secara positif kinerja pemerintah," terangnya.

Menurut Igor, ini merupakan bentuk pencapaian yang sangat baik dalam konteks kinerja. Karena tanpa banyak perlu melakukan pencitraan seperti halnya pemasangan baliho, kinerja pemerintahan tetap dipandang masyarakat sangat baik.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Satu Lagi Janji Anies Segera Ditunaikan

Dalam upaya melahirkan atlet berpres
berita-headline

Viral

DKI Siapkan Beasiswa untuk 28 Anak-Anak Nakes yang Meninggal

Para tenaga kesehatan (nakes) di DKI Jakarta banyak yang berguguran saat bertugas melayani pasien
berita-headline

Viral

Dakwaan Tidak Profesional, Alarm Runtuhnya Penegakan Hukum di Indonesia

Tim jaksa penuntut umum (JPU) kembali melimpahkan berkas perkara 1
berita-headline

Inersia

Rumah, Uang, Tiket Ancol Seumur Hidup

Selain namanya diabadikan menjadi nama gedung, duet Greysia Polii dan Apriyani Rahayu juga diga
berita-headline

Viral

Tanggapi Survei BPS, Anies: Warga Jakarta Makin Matang Berdemokrasi

Provinsi DKI Jakarta didaulat menjadi provinsi paling demokratis berdasarkan rilis indeks demokra