https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   10 September 2021 - 13:56 wib

Badai Pandemi, Penjualan Perangkat AIoT Terus Tumbuh

Inersia
berita-headline

(ist)

Penggunaan perangkat berbasis Artificial Intelligence of Things (AIoT) akan semakin populer. Pasar perangkat ini bahkan dinilai tetap berhasil tumbuh di tengah masa pandemi Covid-19. Penjualan perangkat elektronik  yang dapat terhubung ke smartphone ini memiliki pelonjakan kenaikan selama Januari hingga Agustus 2021.

Firma riset pasar IDC melaporkan bahwa pengiriman (shipments) perangkat wearables tetap berhasil tumbuh, bahkan pada masa pandemi.

Berdasarkan laporan yang dirilis pada awal Desemeber tersebut, pengiriman perangkat wearables meningkat hingga 35,1 persen pada kuartal III-2020 dibandingkan periode yang sama pada 2019, menembus angka 125 juta unit.

Hal ini diperkirakan akibat peningkatan konsumsi barang elektronik masyarakat pada masa pandemi seiring dengan menurunnya pengeluaran untuk melakukan perjalanan dan aktivitas hiburan lain.

Firma riset pasar Canalys memprediksi pasar wearables akan tumbuh hingga 12 persen pada 2020 dan akan terus tumbuh setidaknya hingga 2024 dengan rata-rata pertumbuhan sekitar 6,7 persen.

”Semakin besar jumlah masyarakat pengguna wearables, akan semakin besar peluang untuk penggantian produk di masa yang akan datang,” kata Research Director IDC Ramon T Llamas.

Sementara itu Marketing Director realme Indonesia, Palson Yi, mengakui bahwa pelonjakan penjualan itu didominasi oleh perangkat true wireless stereo (TWS) yang menyumbang penjualan sebesar 62,1 persen.

"Kita menghitung sampai Agustus, karena September masih berjalan. Penjualan dari kategori lain juga masih tergolong baik, seperti wearable device dengan 20,8 persen, lalu ada smart TV sebanyak 8,4 persen, serta yang tidak kalah penting juga untuk saat ini, laptop dan produk lifestyle dengan mencapai 8,7 persen," ungkap Palson Yi secara virtual, Kamis (09/09).

Dia mengakui bahwa sepanjang 2021 ini, penjualan produk-produk AIoT dari Realme cukup gemilang peningkatannya. Itu dirasa karena produknya memiliki desain, kualitas dan juga harga yang terjangkau.

"Dari Januari hingga Agustus 2021 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya itu secara total keseluruhan, produk AIoT dari Realme itu meningkat hingga 193 persen" ucap dia.

Dalam hal ini, ia juga meyakini bahwa hingga akhir tahun penjualan produk-produknya akan terus meningkat dan bisa merebut lebih banyak penggemar di Indonesia.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Raksasa Teknologi Dukung Rencana Keamanan Siber AS

Beberapa perusahaan teknologi terkemuka AS telah berkomitmen untuk mendukung rencana pertahanan k
berita-headline

Inersia

Review realme GT Master Edition: Ponsel 5G Stylish Ramah Kantong

Tahun 2021 menjadi penanda kiprah realme di dunia teknologi selama empat tahun. Dalam kurun waktu
berita-headline

Inersia

Ponsel 5G 'Flagship' Ramah Kantong yang Ditunggu Milenial

Kondisi ekonomi di saat pandemi ini telah memengaruhi pola konsumsi masyarakat untuk memilih prod
berita-headline

Inersia

Sektor Teknologi Dinilai Menjadi Penggerak Ekonomi Sampai 2030

Sektor layanan di bidang teknologi diperkirakan tetap berpotensi cerah pada tahun-tahun mendatang
berita-headline

Viral

Inovasi Pemetaan Bawah Air untuk Cegah Banjir

BMKG mengungkapkan, musim hujan 2020-2021 di Indonesia masuk tahun terbasah kelima sepanjang 40