https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   10 September 2021 - 14:47 wib

Mengenal Tanda Peringatan di Panel Instrumen Mobil

Mobil modern kini hadir dengan panel instrumen yang memberikan informasi kepada pengemudi tentang kondisi kendaraan. Panel instrumen memiliki fungsi penting untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan peranti mesin dan kelistrikan mobil.

Panel instrumen yang kerap disebut dengan speedometer ini di mobil-mobil modern tidak hanya berisikan informasi tentang kecepatan kendaraan, putaran mesin, dan kondisi bahan bakar saja. Namun, setiap masalah pada sektor mesin dan kelistrikan mobil akan ditampilkan pada panel instrumen agar pengemudi tahu ada sesuatu masalah di mobil.

Meski demikian, tidak semua lampu tanda peringatan itu berarti mobil mengalami masalah. Pada mobil dengan banyak fitur-fitur canggih tentunya segala informasi tentang fitur mobil juga disampaikan melalui panel instrumen ini.

Lampu tanda peringatan di panel instrumen ini biasanya ditandai dengan warna untuk memberikan informasi akan tingkat permasalahan pada mobil. Paling tidak ada warna merah, kuning, hijau, atau biru.

Lampu tanda peringatan berwarna merah memberikan info bahwa harus segera melakukan pemeriksaan, warna kuning memiliki arti fungsi dari komponen harus segera diperbaiki. Sementara untuk warna biru atau hijau, untuk informasi bahwa komponen sedang digunakan atau aktif.

Apa saja tanda peringatan yang biasanya tersedia pada mobil-mobil modern sekarang ini? Mari kita simak bersama.

1. Accu Indicator



Jika lampu menyala ketika kendaraan berjalan, menandakan bahwa terdapat masalah pada sistem pengisian daya listrik ke baterai. Lampu ini menyala saat baterai atau aki maupun mungkin saja alternator mengalami kerusakan.

Dilambangkan dengan aki berwarna merah jika menyala terus berarti ada masalah kelistrikan pada mobil Anda seperti alternator, regulator, dan kabel-kabel penghubung kelistrikan.

2. Engine Check



Bentuknya seperti mesin mobil dengan warna kuning yang menandakan ada masalah di mesin terutama di bagian sensor-sensor yang dibaca oleh ECU atau komputer mobil.

Untuk mengetahui di mana letak masalahnya biasanya dibutuhkan pembacaan oleh teknisi menggunakan alat On Board Diagnostic (OBD).

3. Oil Pressure




Jika tanda ini menyala berarti mobil Anda mengalami kekurangan tekanan oli, sebaiknya segera berhenti dan tambahkan oli agar tanda peringatan ini mati.

4. Safety Belt Indicator



Tanda ini biasanya akan menyala ketika mobil dijalankan, jika diikuti dengan bunyi peringatan itu berarti Anda belum menggunakan sabuk pengaman. Jika ada penumpang depan, indikator ini juga akan menyala dan berbunyi untuk mengingatkan penumpang depan untuk memakai sabuk pengaman juga.

5. Brake Indicator




Bagi mobil dengan rem parkir elektrik biasanya terdapat dua indikator di mobil ini, berbentuk lingkaran dengan tanda seru di bagian tengah berwarna kuning dan merah.

Ketika warna kuning menyala berarti ada masalah kelistrikan terhadap rem parkir elektrik. Sementara warna merah untuk menandakan rem parkir sedang dioperasikan atau jika sudah dinonaktifkan tapi tetap menyala berarti ada masalah dengan sistem pengereman.

6. Airbag Indicator




Sekarang ini mobil sudah dilengkapi dengan airbag dan jika lambang berwarna kuning dengan logo orang sedang duduk dengan memakai safety belt dan di depannya ada lingkaran ini menyala berarti ada masalah pada sistem airbag mobil.

7. Traction Control




Logo mobil sedang tergelincir berwarna kuning, dengan dua logo yang satu lagi terdapat tulisan OFF. Logo dengan tulisan OFF menandakan bahwa fitur Traction Control sedang dimatikan. Logo mobil tergelincir menandakan ban mobil Anda sedang kehilangan traksi.

Dalam kondisi normal, lambang kontrol traksi tak akan muncul, namun ketika Anda nonaktifkan, lambang ini akan muncul.

8. Anti-Lock Braking System