https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   11 September 2021 - 22:08 wib

Erick Thohir Targetkan Pertamina jadi Perusahaan Top Dunia Bervaluasi Rp1.419 Triliun

Viral
berita-headline

Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan subholding Pertamina. Sumber: dok Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan enam subholding PT Pertamina. Tak main-main, Erick memasang target ke Pertamina menjadi 'Global Energy Champion' pada tahun 2024 dengan nilai valuasi mencapai Rp1.419 triliun.

Erick optimistis Indonesia mampu memiliki perusahaan top dunia yang bisa mencapai valuasi di angka US$100 miliar. 

"Kita bisa, dan saya yakin legacy ini untuk kita semua. Saya memastikan transformasi akan tetap berjalan, karena ini bagian terpenting buat kita sebagai bangsa besar. Tidak mungkin kita akan terus menjadi bangsa besar kalau tidak ada ketahanan energi,” kata Erick, Sabtu (11/9/2021). 

Anggota Komite Olimpiade Internasional itu juga menyampaikan amanat dari Presiden Joko Widodo yang berharap Pertamina terus membangun ekosistem agar bisa bersaing di pasar global terus meningkatkan pelayanan publik. 

Erick menambahkan, salah satu kunci sukses sebuah perusahaan menjadi perusahaan kelas dunia yaitu melalui riset dan pengembangan (R&D). Ia menekankan Pertamina mampu mengelola riset dan pengembangan menuju perusahaan berkelas dunia.

"Banyak sekali perusahaan dunia yang tadinya bergantung pada sumber daya alam tergeser ke teknologi. Sekarang perusahaan energi global di Top 10 tinggal Aramco, selebihnya sudah diduduki oleh perusahaan teknologi dan investasi. Ini artinya, meski Pertamina merupakan perusahaan energi, tapi bidang riset dan pengembangan untuk digitalisasi menjadi sangat penting agar bisnis terus berkembang," ungkap Erick.

Anggota Dewan Pusat Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) juga menyampaikan Key Performance Indicator (KPI) Kementerian BUMN terus digalakkan. Lima KPI tersebut yakni, menyeimbangkan antara korporasi dan pelayanan publik, kembali kepada core business dan menjadi excellent, inovasi digital dan R&D untuk menjadikan Pertamina technology company, hingga transformasi human capital atau sumber daya manusia (SDM). 

Erick selama delapan bulan terakhir terus melakukan transformasi BUMN, termasuk dalam 88 proyek strategis BUMN hingga tahun 2023 yang telah disampaikan kepada Presiden Jokowi.

“Dari 88 proyek yang kita targetkan itu, Alhamdulillah di tahun ini 90 persen terjadi. Dan tentu banyak dari transformasi ini ada di Pertamina,” ujarnya.

Dalam subholding ini, Pertamina menggabungkan enam perusahaan yaitu, Upstream, Refining and Petrochemical, Commercial and Trading, Gas, Integrated Marine Logistics, dan Power and New Renewable Energy.

Proses bisnis subholding ini akan dipantau melalui Pertamina Integrated Command Center  (PICC). PICC merupakan inovasi digital Pertamina yang berisi pusat big data. PICC tersebut memiliki empat fungsi di antaranya, sebagai integrator dan koordinator, single source of truth, analisa data menjadi informasi, dan otoritas untuk menindaklanjuti keadaan anomali yang ditemukan sekaligus memberikan rekomendasi bagi manajemen tinggi di Pertamina Group.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Haornas 2021, Presiden Jokowi: Rancang Ekosistem Olahraga Nasional yang Modern

Presiden RI Joko Widodo ikut merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang berlangsung di
berita-headline

Kanal

Bantu Produksi Ivermectin, Pemerintah Diminta Dorong Industri Farmasi Nasional

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menyampaikan pemerintah harus memberi peluang yang sama kepa
berita-headline

Viral

Baju Baduy Laris Manis Usai Dipakai Presiden Jokowi, Dicek di Seluruh E-commerce Sudah Habis

Pasca digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri sidang tahunan MPR RI dan Pidato Ke
berita-headline

Viral

Erick Thohir Dorong BUMN Bangun Sentra Vaksinasi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan pemerintah akan terus menggenc
berita-headline

Viral

Jabodetabek Mulai Terapkan PPKM Level 3

Beberapa daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) da