https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   11 September 2021 - 18:13 wib

Habbatussauda jadi Primadona

Inersia
berita-headline

istimewa

Habbatussauda menjadi primadona untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi. Lantas, apa saja manfaatnya? Salah satu jenis tanaman herbal ini memiliki menfaat yang baik untuk kesehaltan tubuh.

Habbatussauda (Nigella Sativa) atau yang biasa disebut jintan hitam adalah salah satu jenis tanaman subtropis dari Timur Tengah. Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Afifah K. Vardhani, M.Si, menjelaskan beberapa herbal seperti habbatussauda sangat memiliki potensi terapeutik terhadap infeksi virus. Ini sangat dibutuhkan saat situasi pandemi seperti sekarang ini.

“Habbatussauda mengandung senyawa aktif utama yaitu thymoquinone yang memiliki aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, anti mikroba, dan imunomodulator,” kata Afifah K. Vardhan, seperti data yang dihimpun inilahcom, Jakarta, Sabtu, (11/09/2021).

Berikut adalah manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang bisa Anda simak:

1. Memiliki kandungan nutrisi seperti protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin. Kemudian terdapat jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol

2. Memperkuat daya tahan tubuh Beberapa penelitian yang membuktikan bahwa aktioksidan dalam habbatussauda. Ini mampu memperkuat respon imun tubuh dalam melawan serangan penyakit.

3. Melawan infeksi bakteri habbatussauda memiliki manfaat seperti melancarkan pencernaan.

Selain menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi, pemerintah terus menggenjot distribusi vaksinasi covid-19 kepada masyarakat yang berusia di atas 12 tahun. Hal ini untuk mengejar target nasional yang sudah ditetapkan sebanyak 208.265.720.

Salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mencapai target vaksinasi nasional adalah, adanya gelaran vaksinasi gratis yang digelar oleh PT. Herba Utama. Dengan menggandeng Ivan Gunawan sebagai selebriti ternama, dan juga brand ambassador, dia mengajak masyarakat Depok dan Bogor agar tidak takut mendapatkan vaksinasi covid-19.

“Jadi di sini bekerja sama dengan kecamatan dan puskemas setempat kita menargetkan 1.500 dosis, vaksin yang dipergunakan adalah Pfizer. Antusias warga setempat juga luar biasa,” kata Ivan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi juga menegaskan kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi agar segera menuju ke tempat vaksinasi terdekat di daerah rumah atau tempat bekerja.

“Karena vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia di sentra vaksin, dan semua vaksin adalah baik,” ujar Siti Nadia.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Empati

Pasien Covid Tak Harus Meninggal, Cukup Terapi Multivitamin

Dokter Estetika Amira Farahnaz, sudah 18 bulan berkutat dalam menangani pasien Covid-19. Tingkat
berita-headline

Viral

Kemenkes Lakukan Audit Vaksinasi COVID-19 Untuk Cegah Penyimpangan

Kementerian Kesehatan menggandeng BPKP dan berbagai pihak untuk melakukan audit secara berkala un
berita-headline

Viral

Genjot Target Vaksin, Pemerintah Dorong Capaian Vaksin Lansia dan Remaja

Perkembangan vaksinasi hingga saat ini berfokus untuk menggenjot vaksinasi untuk kelompok lansia
berita-headline

Inersia

Pentingnya Perhatikan Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Kesehatan mental menjadi salah satu isu yang marak dibicarakan terutama di masa pandemi saat ini.
berita-headline

Viral

Indonesia Terima Donasi 1.236.480 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis

Indonesia menerima kedatangan vaksin COVID-19 merek AstraZeneca yang merupakan donasi dari Pra