https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   13 September 2021 - 21:00 wib

Erick Thohir Bentuk Holding Ultra Mikro, Pegadaian dan PNM Kini jadi Anak Usaha BRI

Viral
berita-headline

Tangkapan layar penandatanganan pembentukan holding ultra mikro PMN-Pegadaian dengan BRI, Senin (13/9/2021). ist

Menteri BUMN Erick Thohir membentuk holding ultra mikro dengan menggabungkan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM dan PT Pegadaian (Persero) ke PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Senin (13/9/2021).

Dengan dialihkannya saham seri B pemerintah di PMN dan Pegadaian, maka BRI secara resmi memimpin holding ultra mikro tersebut. Melalui penggabungan ini, Erick berharap terjadi penurunan tingkat bunga pembiayaan dari PNM dan Pegadaian kepada nasabahnya.

"Jadi saya harapkan penggabungan BRI, PMN, Pegadaian bahwa pastikan bahwa bisa terjadi bagaimana keberpihakan bunga lebih murah untuk yang di bawah dan kalau bisa sesuai kesepakatan November ini terjadi," kata Erick dalam penandatanganan akta inbreng pengalihan saham PNM dan Pegadaian ke BRI, Senin.

Penggabungan perusahaan plat merah ini merupakan komitmen Erick terhadap transformasi BUMN. Selain restrukturisasi, BUMN diharapkan betul-betul mempunyai manfaat nyata untuk negara dan rakyat.

Dengan holding ultra mikro ini, BRI menerbitkan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Dalam prospektus yang dipublikasikan pada 31 Agustus lalu, BRI menawarkan sebanyak-banyaknya 28,213 miliar Saham Baru Seri B atas nama dengan nilai nominal Rp50 per saham atau sebanyak-banyaknya 18,62 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah Penambahan Modal dengan HMETD I.

Dengan harga pelaksanaan rights issue BBRI yakni Rp3.400 per saham, pemerintah akan melaksanakan seluruh haknya sesuai dengan porsi kepemilikan sahamnya dalam BRI dengan cara penyetoran saham dalam bentuk lain selain uang (inbreng) sesuai PP No. 73/2021.

Seluruh saham Seri B milik pemerintah dalam Pegadaian dan PNM akan dialihkan kepada BRI melalui mekanisme inbreng.

Nilai total PMHMETD I yang telah memperhitungkan inbreng serta eksekusi hak Pemegang Saham Publik adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp95,92 triliun.

Erick menambahkan, holding ini akan memperkuat model bisnis masing-masing anggotanya. BRI, Pegadaian dan PNM akan saling melengkapi memberikan layanan keuangan yang terintegrasi untuk keberlanjutan pemberdayaan usaha ultra mikro.

Dengan adanya holding, maka ketiga perusahaan dapat memanfaatkan kantor cabangnya yang disebut co-location jejaring layanan. Kantor cabang BRI akan dilengkapi dengan loket untuk Pegadaian, maupun pos para account officer (AO) dari PNM.

"Bahkan melalui berbagai simulasi, co-location mampu mencatatkan efisiensi karena menekan biaya operasional dan biaya dana,” ujar Erick.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, adanya holding ini akan menjangkau nasabah yang lebih luas dan akan banyak penawaran produk yang lebih beragam.

"Karena proses akan lebih efisien melalui kolaborasi berbagai item di lokasi, kemudian penggunaan digital bersama. Bisa jadi melayani masyarakat sebanyak mungkin, dengan biaya semurah mungkin, karena prosesnya seefisien mungkin," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, terbentuknya holding ini akan membuat efisiensi dalam proses bisnis perusahaan hingga bisa menurunkan margin yang dikenakan kepada nasabah.

"Ada jaminan akan efisiensi proses, segera bisa kami berikan keringanan bunga dan marjin kepada nasabah. Yang penting juga, modal sosial kami bertiga selain modal finansial, ini akan masuk ekosistem lebih besar dibandingkan ekosistem PNM saja, akan disinergikan," tutup Arief.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Erick Thohir Targetkan Pertamina jadi Perusahaan Top Dunia Bervaluasi Rp1.419 Triliun

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan en
berita-headline

Kanal

Perintah Iqra' Bacalah, Erick Thohir Antarkan Buku untuk Anak-anak Desa Cikuya Banten

Menteri BUMN Erick Thohir mengantarkan buku, perlengkapan mewarnai
berita-headline

Viral

Kabar Baik dari Erick Thohir, Kini UMKM Bisa Ikut Tender Perusahaan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan jangan sampai perusahaan BUMN
berita-headline

Viral

Erick Thohir Jamin Mendag Lutfi Bukan Sosok yang Suka Impor

Sejak awal, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti para menteri untuk mengurangi ketergantungan terha
berita-headline

Viral

Erick Thohir: Kementerian BUMN Komitmen Wujudkan Transparansi

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kementerian yang ia pimpin berkomitmen penuh dalam mewuju