https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   16 September 2021 - 03:21 wib

Perusahaan Perlu Tingkatkan Efisiensi Penggunaan Komputasi Awan

Inersia
berita-headline

(ist)

Penggunaan layanan komputasi awan atau cloud computing diyakini menjadi hal yang penting bagi perusahaan karena menawarkan efisiensi biaya operasional. Namun, hal ini baru dapat dicapai apabila industri bisnis dari skala UMKM atau perusahaan rintisan benar-benar menyesuaikan penggunaan sumber daya cloud dengan apa yang dibutuhkan.

Penggunaan cloud dinilai akan memungkinkan startup untuk fokus pada dua target utama, yakni pengembangan produk dan akuisisi pelanggan. Oleh karena itu, Lintasarta, mengenalkan teknologi Cloudeka sebuah layanan komputasi awan untuk seluruh industri. Cloudeka memiliki beragam fitur yang membantu perusahaan dalam bertransformasi digital. 

Presiden Director Lintasarta Arya Damar mengatakan produk komputasi awan baru ini dibuat untuk semua industri. Pelaku usaha tidak hanya bisa memiliki layanan komputasi awan, juga dengan berbagai macam tambahan lainnya termasuk layanan keamanan. 

“Cloudeka bisa dibundel dengan infrastrukturnya, komputasi awannya, bahkan keamanannya, hingga aplikasi,” kata Arya dalam konferensi virtual, Rabu (15/9). 

Sementara itu, Marketing & Solution Director Lintasarta Ginandjar mengatakan Lintasarta Cloudeka memiliki berbagai fitur unggulan. 


Cloudeka memiliki fitur Deka Prime yang dilengkapi dengan VMWare untuk layanan berbasis infrastruktur (IaaS), Deka Flexy dengan fitur open stage, dan Deka Box yang merupakan obyek penyimpanan. 

Selain itu ada juga Deka Vault yang merupakan sistem cadangan untuk menjaga layanan dan Deka Premium yaitu layanan komputasi awan pribadi. 

Kemudian untuk layanan berbasis platform (PaaS) Cloudeka memiliki Deka Harbour atau container. Terakhir, untuk layanan berbasis perangkat lunak (Saas) ada Deka Sense dan Intelligent Video Analytic. 

“Solusi Cloudeka akan memberikan layanan yang andal, dan aman,” kata Ginandjar. 

Ginandjar mengatakan dalam beberapa waktu ke depan, komputasi awan akan menjadi primadona. Berdasarkan laporan salah satu lembaga riset, kata Ginandjar, nilai penggunaan layanan komputasi awan di Indonesia akan mencapai Rp27 triliun pada 2025, naik lebih 200 persen dibandingkand dengan 2021. 

Lintasarta menggelar konferensi nasional bagi para penggiat industri teknologi dan komunikasi di Indonesia bertajuk “Lintasarta Cloudeka Conference : ICT & Business Outlook 2022” secara virtual. Lintasarta Cloudeka Conference merupakan acara ICT (Information and Communication Technology) bergengsi yang mempertemukan para senior eksekutif, praktisi, pembuat kebijakan, dan beberapa perwakilan industri di seluruh Indonesia.

Konferensi digelar untuk membahas tren ICT dan Business Outlook 2022, serta bagaimana solusi inovatif Lintasarta dalam membantu bisnis dari berbagai industri untuk mencapai potensi maksimal. Dihadiri lebih dari 1000 peserta lintas sektoral dari industri banking atau finance, manufaktur, e-commerce, retail, otomotif, transportasi, logistik, pertambangan, energi, dan pemerintahan.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Cloud Jadi Tumpuan Perusahaan Bertransformasi Digital

Dalam laporan terbaru lembaga riset Internation Data Corporation (IDC) mengungkapkan perusahaan y