https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   16 September 2021 - 18:18 wib

Bea Cukai Komitmen Optimalkan Pengawasan dan Penerimaan Negara

berita-profile

Inilah

0

0

Upaya peningkatan sinergi untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan pelayanan terus dilakukan Bea Cukai. Selain dengan aparat penegak hukum, Bea Cukai juga menggandeng asosiasi dan masyarakat guna meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan di bidang kepabeanan dan cukai.

“Selain untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, pelayanan, dan kepatuhan. Upaya menjalin sinergi juga dapat meningkatkan potensi penerimaan negara,” ungkap Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai.

Kegiatan peningkatan sinergi lewat koordinasi kali ini dilakukan oleh Bea Cukai Batam dan Bea Cukai Malang. Bea Cukai Batam menggelar rapat koordinasi yang membahas pengawasan Pelabuhan di Kawasan bebas Batam dengan mengundang delapan instansi pemerintahan terkait. Rapat koordinasi peningkatan sinergi tersebut membahas upaya-upaya peningkatan efektivitas pengawasan, pemanfaatan sarana prasarana pengawasan, dan langkah perbaikan pengawasan di Pelabuhan Batam.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam, Dinas Perhubungan Kota Batam, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Komando Distrik Militer (Kodim) Batam, Dit. Polairud Polda Kepri, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Polresta Barelang, dan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam.

Selain menjalin sinergi dengan instansi pemerintahan lainnya, Bea Cukai juga berupaya konsisten bersinergi dengan asosiasi pengusaha. Salah satunya yang dilakukan oleh Bea Cukai Malang yang mengadakan kujnungan ke Gabungan Perusahaan Rokok Malang (Gaperoma).

Dalam diskusi tersebut pihak Gaperoma menyatakan kendala yang tengah dialami, antara lain kenaikan tarif cukai rokok serta kondisi lapangan yang tidak menentu akibat pemberlakuan PPKM untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Untuk memastikan para pelaku usaha dapat tetap menjalankan usahanya, Bea Cukai berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan terhadap peredaran barang kena cukai ilegal. “Bea Cukai juga senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan para pelaku usaha yang taat terhadap ketentuan perundang-undangan mendapatkan tempat untuk menjalankan usahanya,” pungkas Firman. [adv]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Lakukan Pemusnahan Bibit dan Tanaman Tanpa Izin, Bea Cukai Selamatkan Lingkungan Indonesia

Sejalan dengan fungsi Bea Cukai sebagai community protector, Bea Cukai Pontianak bersama dengan B
berita-headline

Kanal

Amankan Perairan Indonesia, Bea Cukai Laksanakan Patroli Laut

Sebagai community protector, Bea Cukai secara aktif melakukan pengawasan di berbagai wilayah. Pad
berita-headline

Viral

Tingkatkan Kepatuhan, Bea Cukai Gelar Operasi Pasar

Dalam upaya menekan peredaran rokok ilegal yang kian marak, Bea Cukai secara aktif melakukan kamp
berita-headline

Viral

Bea Cukai-BNN Ungkap Penyelundupan 218,8 Kg Sabu Jaringan Aceh

Sebagai upaya mewujudkan Indonesia bebas narkoba, Bea Cukai bersama BNN selaku leading sector dal
berita-headline

Kanal

Bea Cukai Gandeng Instansi Pemerintahan di Berbagai Daerah

Dalam menjalankan pengawasan serta pelayanan yang optimal kepada stakeholders, Bea Cukai senantia