https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   15 August 2021 - 11:47 wib

Yuk, Maksimalkan 5 Teknologi Ini Sebelum Beraktivitas

pepatah mengatakan, waktu adalah uang. Tak terbantahkan memang, waktu memang segalanya. Waktu memberi kita banyak kesempatan untuk mengembangkan diri, karier, aset, dan kehidupan. Itu sebabnya membuang waktu adalah kebiasaan yang buruk, jika Anda tergolong orang yang ingin maju ke depan.

Anda dan saya beruntung karena hidup di era serba modern dan canggih sekarang ini. Sebab ada banyak teknologi yang dapat membantu kita untuk bekerja dengan efektif dan efisien. Menghemat waktu dan tenaga, namun dengan hasil yang lebih menggembirakan.

Tetapi, teknologi saja tidak mampu mewujudkan hal itu. Anda tetap memerlukan pengetahuan untuk memanfaatkannya.

Nah, berikut INILAHCOM sajikan lima tips ringan dalam memanfaatkan teknologi untuk menghemat waktu yang mungkin saja bisa jadi inspirasi bagi Anda.

1. Mencari alamat atau lokasi dengan Google Maps/ Waze

Punya janji temu dengan calon klien di tempat yang sama sekali asing buat Anda? Tak peduli seberapa baik prospek klien tersebut, jangan buru-buru menginjak gas dan pergi tanpa petunjuk. Sebab Anda tidak hanya akan menghabiskan waktu untuk mencari lokasi, tapi juga beresiko gagal mengesankan klien dan kehilangan prospek.

Karena itu, keluarkanlah smartphone Anda dan buka Google Maps atau Waze. Jika belum punya, unduh dulu dari Play Store, App Store, atau Windows Phone Store.

Google Maps dan Waze menyediakan informasi peta lengkap dengan petunjuk jalan, kelokan demi kelokan, dan juga panduan suara yang mempermudah Anda saat harus mengemudi.

Di Google Maps, Anda hanya cukup mengetikkan tempat yang ingin dituju. Kemudian, aplikasi itu akan secara otomatis mencarikan jalur tercepat dan beberapa jalur alternatif menuju ke lokasi.

Waze bahkan punya fitur lebih keren, karena aplikasi ini juga memberdayakan komunitas sesama pengguna untuk bisa memberikan informasi jalan raya secara real-time. Tentunya disertai panduan rute menuju ke lokasi yang Anda mau.

2. Meeting efektif dan efisien dengan Skype

Meeting, brainstorming, briefing atau apapun istilahnya tidak efektif jika selalu dilakukan secara offline di satu tempat. Terlebih jika meeting dilakukan secara tiba-tiba, sementara rekan-rekan lain harus menempuh jarak yang jauh untuk mencapai lokasi. Kebiasaan lama ini tidak hanya menghabiskan waktu tapi juga mengganggu pekerjaan.

Tinggalkan cara itu dan beralih ke Skype! Skype adalah aplikasi pesan video chat dan panggilan suara yang bisa diatur untuk dihadiri oleh beberapa pengguna.

Dengan Skype, tidak semua anggota harus ada di tempat. Diskusi bisa dilakukan dari mana pun tanpa harus saling menunggu dan membuang-buang waktu.

3. Menghemat waktu dengan belanja online

Belanja online itu asyik lho! Banyak orang yang bilang seperti itu. Mungkin memang sebagian orang dapat memeroleh banyak keuntungan terutama bila mereka hidup di kota besar.

Keuntungan yang paling dirasakan adalah penghematan waktu, karena Anda tidak harus menyetir mobil dan terjebak macet selama berjam-jam. Tidak perlu pula mencari lahan parkir, membawa barang belanjaan, dan antre di kasir.

Dengan belanja online, Anda bahkan tidak perlu harus keluar rumah. Cukup hidupkan komputer, laptop, tablet, atau smartphone, lalu buka browser dan pilih barang yang Anda butuhkan. Sisanya tinggal menunggu kiriman barang sampai di rumah.

Beberapa e-commerce bahkan sudah melayani same day delivery, artinya pesan hari ini Anda akan terima barang hari ini juga.

4. Gunakan teknologi 'Fast Charging

Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan. Saya yakin Anda sepakat. Untungnya sekarang Anda tidak perlu harus menunggu saat smartphone kesayangan kehabisan daya. Pasalnya kini sudah banyak beredar teknologi baru berupa fast charging.

Misalnya seperti yang ada di OPPO dengan VOOC, Teknologi ini memungkinkan Anda memperoleh dua jam pemakaian hanya dengan pengisian ulang selama 5 menit. Jika kurang, Anda hanya perlu menunggu selama 30 menit untuk memperoleh kembali 75% daya baterai dan bersiap kembali beraksi.

5. Mencatat jadwal meeting dan follow-up klien dengan aCalendar+

Kesibukan membuat siapapun tidak selalu punya waktu untuk mencatat hal-hal penting seperti jadwal rapat, follow-up klien atau aktivitas lainnya. Apalagi harus dilakukan secara manual dengan menggunakan pena dan kertas.

Mengapa tidak memanfaatkan ponsel pintar sebagai bantuan. Terlebih sekarang ada banyak aplikasi kalender dan to do yang menawarkan bantuan cepat dan cerdas. Salah satu contoh, aplikasi aCalendar+.

Aplikasi ini membantu Anda mengatur jadwal kegiatan dengan cepat, juga mempunyai fitur notifikasi untuk setiap kegiatan terdekat berikutnya. Semua dilakukan dari satu aplikasi, tanpa pena dan kertas. Bahkan dapat dilakukan saat Anda sedang dalam perjalanan menuju ke suatu pertemuan.

Demikian lima tips memanfaatkan teknologi untuk menghemat waktu dan mendongkrak produktivitas kerja Anda.

Semoga dapat menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi karier dan pekerjaan Anda.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Badai Pandemi, Penjualan Perangkat AIoT Terus Tumbuh

Penggunaan perangkat berbasis Artificial Intelligence of Things (AIoT) akan semakin populer. Pasa
berita-headline

Viral

Raksasa Teknologi Dukung Rencana Keamanan Siber AS

Beberapa perusahaan teknologi terkemuka AS telah berkomitmen untuk mendukung rencana pertahanan k
berita-headline

IXU

Ini 5 Aplikasi Penting untuk Belajar Daring

Pertanyaan: Aplikasi apa saja yang penting dalam mengembangkan edukasi daring?Ja
berita-headline

IXU

Memilih Jam Tangan Pintar untuk Wanita Aktif

Pertanyaan: Bagaimana menjaga kebugaran melalui gawai seperti smartwach apa ada tips khusu
berita-headline

Viral

Inovasi Pemetaan Bawah Air untuk Cegah Banjir

BMKG mengungkapkan, musim hujan 2020-2021 di Indonesia masuk tahun terbasah kelima sepanjang 40