https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   16 August 2021 - 03:55 wib

Puan Kenakan Songket Penolak Bala

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR/DPD 2021 hari ini digelar secara virtual Gedung DPR/MPR. Sidang dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan pidato kenegaraan dala dan laporan kinerja lembaga negara.

Tampak sejumlah pejabat tinggi negara yang hadir mengenakan pakaian adat dari daerah yang tersebar di Indonesia. Seperti halnya Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Baduy dan Wakil presiden Maruf Amin mengenakan pakaian adat Suku Mandar, Sulawesi Barat.

Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani tampak anggun mengenakan pakaian adat Bali yang dipadu dengan kain songket khas Bali bertenun gringsing. Kain tradisional gringsing biasa dikenal berasal dari Desa Tenganan, Bali memiliki keistimewaan tersendiri.

Warga Desa Tenganan mempercayai kain ini memiliki kekuatan magis untuk melindungi mereka dari berbagai macam penyakit. Gringsing memiliki makna, gring: sakit, dan sing: tidak. Sehingga jika diartikan gringsing tidak sakit atau penolak bala.

Menurut mitos Bali, kain gringsing berasal dari kekaguman Indra atau Dewa Petir Bali terhadap langit malam yang mempesona. Dewa Indra melukiskan apa yang dilihatnya itu kepada rakyat pilihannya melalui motif tenunan.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Tidak Pakai Desainer, Puan Gonta-ganti Baju Tiap Tahun

Ketua DPR Puan Maharani mengaku tidak memakai desainer untuk merancang baju adat Bali yang dipaka