https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   01 January 2020 - 00:03 wib

Dikejar dan Mengejar

SERING kita dengar dan kita baca dari kitab-kitab tentang rizki bahwa rizki itu ada dua macam, yaitu rizki yang mencari dan rizki yang dicari. Tipe pertama adalah rizki yang terus "mengejar" orang yang dikehendaki Allah untuk mendapatkan rizki dengan mudah, sementara yang kedua adalah rizki yang dikejar-kejar, dicari-cari dan diburu-buru oleh orang yang menghendakiNya. Yang pertama tadi adalah rizki yang sudah pasti didapatkan dengan cara yang tak diduga, sementara yang kedua adalah rizki yang belum tentu didapatkan walau dengan usaha penuh tenaga.

Dalam bahasa lain, dalam hubungannya dengan rizki, hamba Allah itu ada dua macam: hamba yang dikejar-kejar dunia dan hamba yang sibuk mengejar dunia. Biasanya yang pertama itu adalah jenis hamba yang sibuk dengan bermacam amal kebaikan, mulai dari ibadah sosial sampai pada ibadah ritualnya. Sementara macam yang kedua adalah hamba yang setiap detiknya disibukkan dengan urusan perut dan bawah perut saja.

Hamba yang dikejar-kejar dunia itu ada dua model, yaitu hamba yang berbahagia sekali dan senang sekali. Yang bersangkutan hidup penuh syukur dan enjoy menjalani hidup. Model keduanya adalah hamba yang dikejar-kejar rizki namun tetap selalu waspada penuh hati-hati karena takut semangat dakwahnya menurun. Model terakhir ini selalu saja menjaga keistiqamahan diri dalam dakwah, takut sekali menjadi manusia yang tak memiliki makna maksimum dalam kehidupan di dunia yang sementara ini. Luar biasa.

Saya mendapatkan ilmu hari ini dari manusia tipe terakhir di atas itu, orang yang dikejar-kejar rizki namun tak larut dalam menikmati rizki itu dalam makna umum, melainkan terus berpikir untuk umat. Semoga panjang umur dalam dakwah, ya habibi. Salam, AIM. [*]

 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan