https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   13 October 2021 - 23:58 wib

Berburu Kerja Sama Dagang dan Investasi, Mendag Lutfi Terbang ke Italia

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menghadiri pertemuan tingkat Menteri Perdagangan dan Investasi Negara G20 di Sorrento, Italia, pada 11-12 Oktober 2021, di mana semua menteri yang menangani perdagangan dan investasi hadir.

"Para menteri Negara G20 harus memprioritaskan perdagangan sebagai instrumen pemulihan ekonomi global. Dengan begitu, kegiatan ekspor-impor antarnegara bisa kembali seperti semula. Sehingga, multiplier effect dari kegiatan tersebut bisa dirasakan masing-masing negara," kata Mendag Lutfi, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Para menteri membahas dan memutuskan beberapa isu strategis, di antaranya penguatan sistem perdagangan multilateral dan reformasi Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO), langkah konkret untuk kerja sama pemulihan ekonomi global pascapandemi.

Selain itu perwakilan Negara G20 yang hadir juga membahas isu perdagangan dan kesehatan, perdagangan dan keberlanjutan, perdagangan jasa dan investasi, serta penguatan hubungan perdagangan dan investasi antara Negara G20.

Di sela pertemuan, Mendag Lutfi menyempatkan diri melakukan sembilan pertemuan bilateral strategis, beberapa di antaranya yakni dengan Presiden Swiss Guy Parmelin, Majid Abdullah Alkasabi, Menteri Perdagangan Arab Saudi AnneMarie Trevelyan, State Secretary for International Trade Inggris HE Piyush Goyal, Menteri Perdagangan dan Industri India, juga beberapa menteri lainnya.

Mantan duta besar RI untuk AS ini, berupaya memperjuangkan posisi Indonesia di forum G20 dan sejenisnya. Mendag Lutfi juga memastikan Indonesia siap mengemban tugas Presidensi G20 pada 2022.

Meski terbilang perdana, Mendag Lutfi bakal menjamu tamu undangan dengan kekayaan alam Indonesia. Berbagai persiapan pun dilakukan pemerintah. Adapun tema besar yang diusung adalah 'Recover Together, Recover Stronger' untuk Forum G20 pada 2022.

Persiapan tersebut disebut semakin matang dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia, pada 27 Mei 2021.

Sebagai tuan rumah, Mendag Lutfi meyakini para menteri perdagangan dan investasi negara G20 bakal terkesan dengan keindahan alam yang dimiliki Indonesia.


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Pulihan Ekonomi Sesuai Arahan Presiden Jokowi, Mendag Lutfi Perjuangkan 3 Perjanjian Dagang di DPR

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi bersama Komisi VI DPR tengah menggodok tiga kerja sama d
berita-headline

Viral

Singapura dan Thailand Selesaikan RCEP, Mendag Lutfi Dorong Negara Lain

Upaya mendorong kerja sama perdagangan di kawasan ASEAN, melalui ratifikasi Kemitraan Ekonomi Kom
berita-headline

Viral

Daftar Bank yang Raih Penghargaan Indonesia Top 40 Bank Awards 2021

Laju pertumbuhan ekonomi yang membaik pada kuartal kedua tahun 2021 sebaiknya harus dijaga bersama.
berita-headline

Kanal

Mendag Lutfi Akui HET Indonesia Terlalu Tinggi Ketimbang Harga Internasional

Diakui Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Luthfi, menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET), su
berita-headline

Kanal

Awas, Air Isi Ulang Tidak Sehat, Alat Ultravioletnya Banyak yang tak Layak HSP

Kalau Anda mengonsumsi air isi ulang, sebaiknya hati-hati. Pilih depot isi ulang yang terpercaya.