https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   17 August 2021 - 18:12 wib

Sakdiyah Komedian Wanita yang Menginspirasi Dunia Versi BBC

Pelawak tunggal wanita pertama, Sakdiyah Ma'ruf pernah terdaftar sebagai perempuan paling berpengaruhdan menginspirasi dunia Tahun 2018 versi BBC. Atas predikat yang pernah dicapai ini tentu membuat bangga para pelawak tunggal lainnya di Indonesia.

Ia juga merupakan perempuan berhijab pertama di Indonesia yang mengikuti ajang Stand Up Comedy Indonesia atau pelawak tunggal. Melalui komedi, Diyah, sapaan akrabnya kerap menyuarakan kegelisahannya tentang isu kekerasan terhadap perempuan dan radikalisme.

Perempuan kelahiran Pekalongan ini kerap menggambarkan masyarakat di mana dia dibesarkan sebagai masyarakat yang sibuk dengan identitasnya sebagai keturunan Arab dan merasa memiliki pandangan akan 'ajaran Islam yang paling benar dan paling murni' dari masyarakat lain di Indonesia.

Dari situlah Sakdiyah mendapatkan penghargaan internasional sebagai orang yang berpengaruh dan inspiratif dan berada di urutan ke-54 versi BBC.

Namun siapa sangka perempuan berdarah Arab ini pernah bercita-cita ingin menjadi anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) kemudian berubah menjadi arkeolog bahkan juga sempat berkeinginan menjadi dokter. Dari semu cita-cita yang diimpikan akhirnya menjadi pelawak tunggal.

Selain meluangkan waktunya untuk menjadi pelawak tunggal, Diyah ternyata juga berprofesi sebagai dosen dan juga penerjemah. Karena itulah Sakdiyah Ma'ruf dipercaya untuk mengisi acara peluncuran Inilah.com Reborn yang mengusung konsep Jurnalisme Solusi.

Dalam acara peluncuran Inilah.com Reborn ini juga mengundang sejumlah tokoh lain seperti Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, CEO kitabisa Muhammad Alfatih Timur serta tokoh lainnya secara virtual.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan