https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   18 August 2021 - 01:43 wib

Importasi 2 Unit Oksigen, Bea Cukai Berikan Fasilitas Fiskal

Dukung penanganan Covid-19 di tanah air, Bea Cukai Tanjung Emas, fasilitasi importasi 2 unit Isotank milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah guna memenuhi kebutuhan oksigen pada Rumah Sakit di seluruh Jawa Tengah pada Senin, 16 Agustus 2021 lalu.

Peningkatan pandemi Covid-19 yang terjadi di Jawa Tengah menyebabkan terjadinya kenaikan penggunaan oksigen pada ICU serta ruang perawatan isolasi pada Rumah Sakit. Defisit ketersediaan oksigen sebesar 160.111 m3/hari atau 206 ton/hari sempat terjadi saat tingginya kasus Covid mengakibatkan oksigen di Jawa Tengah belum terpenuhi.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin, mengatakan bahwa ketersediaan oksigen di wilayah Jawa Tengah yang menipis membuat pemerintah Jawa Tengah perlu melakukan importasi atas kebutuhan penanganan Covid-19 ini. Atas importasi tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Tengah meminta fasilitas berupa pembebasan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Fasilitas Kepabeanan ini memang kami berikan jika memenuhi ketentuan dan digunakan sebagai penanggulangan Covid-19. Kami harapkan 2 unit isotank ini dapat memenuhi kebutuhan oksigen pada Rumah Sakit di Jawa Tengah,” ungkap Anton.

Importasi oksigen yang dilakukan sesuai dengan PMK 92/PMK.04/2020 Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.04/2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai Serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mendapatkan fasilitas berupa pembebasan Bea Masuk dan/ cukai, tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan dibebaskan dari pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22.

“Melalui Fasilitas ini, Bea Cukai Tanjung Emas berharap mampu dimanfaatkan secara segera untuk mengatasi kelangkaan oksigen di Jawa Tengah dan segera mengatasi pandemi di tanah air kita ini,” tutup Anton. [adv]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Bea Cukai Musnahkan Ladang Ganja dan Media Pembawa Hama Penyakit Hewan dan Tumbuhan

Sebagai bentuk tindak lanjut penyelesaian kasus pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, Bea C
berita-headline

Kanal

Bea Cukai Tingkatkan Kepatuhan Pengusaha BKC Lewat Kunjungan Kerja

Sebagai upaya u
berita-headline

Kanal

Adakan Sosialisasi, Bea Cukai Beberkan Berbagai Peraturan dan Inovasi di Bidang Pabean

Geliat mengedukasi masyarakat terus dilakukan Bea Cukai terkait berbagai ketentuan dan inovasi di
berita-headline

Kanal

Bea Cukai Beri Asistensi Pelaku Usaha Lewat Program CVC

Bea Cukai kembali melaksanakan kegiatan asistensi kepada para pelaku usaha di berbagai daerah lew
berita-headline

Kanal

Bea Cukai Dorong Ekspor Hasil Produksi Dalam Negeri

Melaui fasilita