https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   20 August 2021 - 06:28 wib

Tank AMX-13 Berumur Lama, Pentingkah Modernisasi?

Alutsista yang dimiliki Indonesia 52 persen sudah berumur lama. TNI AD  sekarang masih mengoperasikan Tank AMX-13 yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Perancis pada awal tahun 1960. Tepatnya saat persiapan kampanye militer Trikora.

Sekitar 275 unit Tank AMX 13 versi kanon 75 mm dan 105 mm masih digunakan oleh Pusat Kesenjataan Kaveleri beberapa Kodam di Indonesia. 

Pentingkah Modernisasi Tank AMX 13?

Pengamat militer dan pertahanan dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi, mengatakan modernisasi alutsista khususnya Tank AMX 3 menjadi hal mendesak demi keamanan wilayah NKRI. 

Modernisasi Tank AMX 13 juga sejalan dengan kemampuan pemerintah Indonesia meningat saat ini belum dapat membeli tank ringan atau tank medium dalam jumlah besar.

Modernisasi tank AMX 13  bisa meliputi penggantian sistem mesin dan transmisi diesel yang terintegrasi baik, penggantian turret dari FL 11 laras kanon 75 mm menjadi turret FL 12 laras kanon 105 mm disertai  computer balistik, peralatan tempur malam,  remote control weapon system, alat komunikasi modern dengan battle management system.

Sedangkan pada tank AMX 13 APC pengangkut personil pemasangan remote control weapon system laras kanon ukuran sedang, serta senjata anti tank, maka modernisasi akan menjadikan tank AMX 13 milik TNI AD ini memiliki daya jelajah dan manuver darat yang optimal, mampu melaksanakan perang modern siang atau malam serta dapat mengantisipasi serangan darat dan udara. 

Fahmi mengungkapkan, tank AMX-13 ini sesuai rencananya akan diganti dengan Tank Harimau yang diproduksi Pindad yang merupakan hasil bekerjasama dengan Turki. Namun yang menjadi masalah, kapasitas produksi Pindad, akan memakan waktu yang sangat lama untuk dapat mengganti sepenuhnya. 

"Saya kira retrofit dan modernisasi juga tetap perlu dilakukan pada tank AMX-13 yang ada, agar lifetime-nya bisa diperpanjang sekitar 10-15 tahun sehingga selama tank pengganti belum tersedia sepenuhnya, kekuatan dan kemampuan tempur kavaleri kita tidak berkurang," tutup dia.
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan