https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   23 August 2021 - 11:01 wib

Kenalkan KRI Golok, Kapal Canggih Kebanggaan Negeri

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menambah daftar kekuatan tempurnya dengan meluncurkan kapal cepat rudal, KRI Golok-688.

"Ini baru tahapan penamaan dan peluncuran dari galangan kapal ke laut. Kapal ini nantinya akan masuk ke jajaran TNI AL," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di galangan kapal PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi.

KRI Golok merupakan kapal asli buatan Indonesia yang dirancang oleh PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi.

"KRI Golok merupakan jenis kapal cepat rudal memiliki kecepatan tinggi dan nanti akan dilengkapi persenjataan dan rudal. Sebagai kapal cepat rudal, geraknya harus berkecepatan tinggi, yang tugasnya hit and run," ujar Yudo.

Setelah diluncurkan, kapal cepat tersebut akan dilakukan uji coba hard and shut untuk tahap penyempurnaannya sebelum diserahkan ke TNI AL."Kapal ini baru 93 persen. Bulan Oktober ini finish, kemudian diserahkan ke AL," kata perwira tinggi TNI AL bintang empat tersebut.

KRI Golok akan ditempatkan di wilayah yang rawan dan strategis untuk menjaga wilayah Indonesia, seperti di Natuna dan Ambalat. KRI Golok diambil dari nama sebuah senjata tradisional Nusantara yang dikenal sebagai senjata serba guna.

"Dinamai senjata, karena KRI Golok merupakan jenis kapal cepat yang harapannya bisa digunakan melaksanakan setiap tugas operasi militer, baik perang maupun non-perang dengan kecepatan tinggi," ujarnya.

Spesifikasi KRI Golok

Kapal tempur anyar ini mengusung teknologi  bahan komposit serat karbon yang membuatnya sulit dideteksi oleh radar musuh. Selain itu bahan komposit membuatnya lebih ringan, serta mempunyai ketahanan lelah dan ketahanan korosi yang sangat baik.

Selain itu, KRI Golok merupakan kapal trimaran berdesain khusus berbentuk lancip yang dirancang untuk melaju cepat.

KRI Golok-688 jenis KCR Trimaran memiliki spesifikasi panjang seluruhnya (Loa) 62,53 meter, lebar 16 meter, tinggi kapal dari draft 18,7 meter dengan bobot 53,1 ton. Kecepatan maksimum 28 knots, kecepatan jelajah 16 knots, kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan 12,7 mm serta mampu mengangkut 25 ABK.

"Makna filosofis dari pemberian nama kapal ini adalah hendaknya KRI Golok-688 dapat digunakan untuk melaksanakan setiap tugas operasi yang diberikan, baik Operasi Militer untuk Perang (OMP), maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," kata Laksamana Yudo.

PT. Lundin Industry Invest sendiri merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi pengadaan alutista industri pertahanan TNI untuk memberikan solusi agar tak ketergantungan dari negara lain. PT. Lundin Industry Invest adalah perusahaan yang bergerak di perangkat sistem senjata alutsista swasta di Indonesia, asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Intip Hujan Artileri Latihan Garuda Shield 2021

Tentara Angkatan Darat Indonesia (TNI AD) dan Amerika Serikat atau US Army akan melakukan latihan
berita-headline

Viral

TNI AD Hapus Tes Keperawanan

Pusat Kesehatan Angkatan Darat memastikan tentang penghapusan aturan tes keperawanan sebagai syar
berita-headline

Viral

Misi Berhasil, Pesawat TNI AU Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

Pesawat TNI-AU  Boeing B-737 seri 400 Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma berhasil mengeva
berita-headline

News

Kinerja Polri Sangat Baik Selama Tahun 2019

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi kinerja P
berita-headline

News

Anies Tahun 2020: Wagub DKI Lebih Cepat Lebih Baik

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya harapan di tahun 2020.