https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   25 August 2021 - 16:43 wib

131 Pelajar Bisa Merasakan Jadi Anggota DPR

Tim Penilai Sekretariat Jenderal DPR RI telah selesai menyeleksi CV, Essay, dan video yang sudah diunggah oleh pendaftar Parlemen Remaja 2021. Dari hasil seleksi, terpilih sebanyak 131 siswa/siswi yang berasal dari 80 daerah pemilihan di Indonesia dari total 5.458 pejuang Parlemen Remaja 2021.

Sebanyak 131 peserta terpilih akan mengikuti rangkaian kegiatan Parlemen Remaja 2021 pada 13-17 September 2021 secara virtual dan mendapatkan materi secara langsung dari Anggota DPR RI, pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI maupun mitra kerja DPR RI dan pakar yang mumpuni di bidangnya.

Selain itu, peserta dapat merasakan menjadi Anggota DPR RI yang melaksanakan simulasi rapat-rapat dan tentunya mengambil keputusan dalam pembuatan kebijakan. Parlemen Remaja 2021 mengambil tema 'Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas!' membahas Undang-Undang UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

“Kami yakin peserta Parlemen Remaja 2021 memiliki tujuan bersama untuk berkontribusi dan memberikan dampak yang nyata melalui diskusi dan pertukaran gagasan yang dilandasi semangat untuk Indonesia lebih baik,” ujar Ketua Panitia Parlemen Remaja 2021 sekaligus Minarni Kepala Bagian Humas Setjen DPR RI.

Diketahui, Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

Tujuannya yaitu:
1. Memasyarakatkan fungsi dan peran DPR-RI kepada remaja sebagai generasi penerus
2. Memberikan pemahaman kepada siswa tentang proses pembuatan kebijakan publik di parlemen
3. Meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi parlemen
4. Mendidik remaja yang kritis dan mengetahui tentang proses politik di Indonesia sehingga akan memperkuat partisipasi publik dalam proses politik.
5. Memahami tata cara berparlemen dan praktek debat politik di DPR-RI
6. Meningkatkan pengertian dan pemahaman tentang demokrasi
7. Menyuarakan aspirasi kelompok remaja dengan memberikan kebebasan untuk mengemukakan pandangan dan pemikiran politis
8. Membangun hubungan baru serta menggalang persahabatan abadi selepas pelaksanaan Parlemen Remaja.

SASARAN
1. Memberikan pemahaman tentang mekanisme kerja dewan dalam melaksanakan dua fungsi DPR RI yakni fungsi legislasi dan pengawasan, dari ketiga fungsi DPR yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan
2. Diharapkan para pelajar memiliki motivasi untuk turut serta meningkatkan citra DPR RI
3. Sebagai sarana mensosialisasikan kinerja dewan kepada remaja.

Parlemen Remaja ini memberikan manfaat bagi anggota DPR yakni memberikan sosialisasi mekanisme persidangan DPR, mengembangkan relasi komunikasi antara DPR dengan para pelajar se-Indonesia. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dapat membangun citra positif tentang parlemen dan mendekatkan parlemen dengan generasi muda.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan