https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   26 August 2021 - 11:24 wib

Komitmen PSSI Gelar BRI Liga 1 dengan Prokes Ketat

Liga sepak bola Indonesia akan dimulai lagi besok Jumat (27/8/2021) dengan pembukaan laga BRI Liga 1 antara Bali United dan Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pukul 19.00. Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga meminta Persatuan Sepak Bola Indonesia ataupun PT Liga Indonesia Baru tegas dalam menerapkan protokol kesehatan demi keberlanjutan ajang tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyadari bahwa protokol kesehatan adalah harga mati yang menentukan nasib liga. Terbukti, jadwal Liga 1 baru terbit untuk tiga laga awal. Itu karena segenap pihak terkait, seperti Satgas Covid-19, BNPB, Kementerian Kesehatan, Kemenpora, dan Polri, ingin mengevaluasi penerapan protokol kesehatan selama tiga laga tersebut. Jika tiga laga ini berlangsung aman dan lancar, jadwal selanjutnya bisa diterbitkan.

Namun, laga-laga selanjutnya pun terus diawasi dan dievaluasi oleh pihak-pihak tersebut. Kalau ada pelanggaran, sanksi berat pasti menanti dan bisa turut berimbas pada keberlanjutan liga.

”Kami semua berkomitmen untuk mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku. Sebab, jika ada pelanggaran, semuanya yang terimbas. Insya Allah, itu tidak ada masalah karena kami punya pengalaman menggelar Piala Menpora yang terbukti berlangsung  aman dan lancar selama jadwal pelaksanaan,” kata Iriawan dikutip dari laman PSSI.org.

Kepastian bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 didapat seusai penyerahan izin kompetisi dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Zainudin di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/8/2021). Namun, sebagai langkah awal, PT LIB baru merilis tiga laga awal Liga 1, yakni Bali United dan Persik, Persipura Jayapura dan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/8), serta Bhayangkara FC dan Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Minggu (29/8).

Liga bakal berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, antara lain terpusat di kawasan Jawa. Semua anggota klub menjalani sistem gelembung yang pergerakannya dibatasi dari hotel dan arena latihan ataupun pertandingan. Sebelum laga, mereka menjalani tes Covid-19, yakni hasil negatif tes usap PCR sehari sebelum laga dan hasil negatif tes usap antigen pada hari pertandingan. Semua laga tidak boleh dihadiri penonton dan penonton dilarang melakukan nonton bareng di luar arena.

Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan dalam pertemuan daring bersama PSSI, PT LIB, pemilik klub, dan kelompok suporter mengenai komitmen menerapkan protokol kesehatan mengatakan, pemerintah sangat mendukung Liga Indonesia bergulir kembali. Ini penting untuk keberlanjutan pembinaan sepak bola, terutama menyiapkan pemain muda guna mengikuti Piala Dunia Sepak Bola U-20 di Indonesia pada 2023 mendatang. Akan tetapi, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, semua pihak yang terlibat pun harus berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemi tersebut.

Berkaca dari turnamen pra-musim Piala Menpora 2021 selama 21 Maret-25 April lalu, kejuaraan memang berlangsung lancar, tetapi muncul peristiwa negatif tepat setelah laga final atau partai puncak, yakni arak-arakan suporter Persija Jakarta di Jakarta dan huru-hara suporter Persib Bandung di Bandung, Jawa Barat. Selain itu, Piala Menpora tidak sepanjang liga sepak bola yang bisa bergulir berbulan-bulan.

Maka itu, lanjut Zainudin, mewanti-wanti agar semua pihak yang terlibat mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku. Jika ada pelanggaran, PSSI ataupun PT LIB wajib langsung memberikan sanksi tegas kepada pelakunya. Masyarakat atau para pendukung klub yang berpartisipasi juga patut mendukung semua protokol kesehatan tersebut.

Zainudin akan memantau langsung pelaksanaan liga guna memastikan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan. Kalau ada pelanggaran dan menimbulkan kluster Covid-19, liga terancam dihentikan. ”Ini sesuai peringatan Kapolri ketika memberikan izin liga agar semua pihak bertanggung jawab jangan sampai liga menimbulkan kluster Covid-19,” ujarnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Indra Sjafri Bicara Soal Dampak Bergulirnya Liga 1 2021 di Masa Pandemi

Sepak bola Tanah Air siap kembali bangkit melalui ajang BRI Liga 1 2021 yang akan digelar dalam w
berita-headline

Viral

Pembukaan BRI Liga 1 Jadi Momen Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

Keadaan lancarnya pertandingan pembuka BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022 antara Bali United versus P
berita-headline

Viral

Titik Nol Persib Berburu Juara di Liga 1 2021

Pergantian pelatih dan komposisi tim membuat persaingan juara di Liga 1 yang sebentar lagi bertan
berita-headline

Inersia

Peringkat FIFA Timnas Indonesia Terus Merosot, PSSI Mesti Berbenah

Prestasi tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia kembali merosot dalam peringkat 175 FIFA, ber
berita-headline

Inersia

Situasi Semakin Baik, Menpora Apresiasi Prokes Liga 1

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan tinjauan ihw