https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 August 2021 - 11:14 wib

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Jual Ponsel Lama Anda

IXU
berita-headline

Foto: Istimewa

Pertanyaan: Apa saja langkah penting yang harus dilakukan sebelum menjual smartphone lama ?

Jawaban

Menjual ponsel pintar kedengarannya mudah dan merupakan langkah yang diambil banyak orang. Dengan menjual ponsel pintar (smartphone) yang kita miliki, misalnya, uang hasil penjualan bisa untuk menambah membeli ponsel baru yang lebih kekinian.

Namun, sadarkah kita, data yang tersimpan di dalamnya bisa merugikan kita sendiri? Oleh sebab itu, sebelum menjualnya, jangan lupa untuk hapus data dulu.

Smartphone yang kita gunakan tentu memiliki media penyimpanan yang merekam berbagai data penting, mulai dari perbankan, akun media sosial, hingga akses masuk ke portal penting. Data-data sensitif yang ada di dalam perangkat tersebut tentu dapat dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan secara ilegal. Oleh sebab itu, pastikan smartphone yang hendak dijual tidak terdapat data penting yang nantinya merugikan diri sendiri.

Salah satu perusahaan penyedia solusi keamanan data menganalisis lebih dari 185 perangkat media penyimpanan, mulai dari kartu memori hingga hard drive. Dari analisis tersebut terungkap, sebanyak 90 persen data masih terdapat pada perangkat tersebut. Selain itu, jika dirinci, terdapat 74 persen data telah diekstraksi dan sisanya sebanyak 16 persen dapat dimanfaatkan untuk menembus informasi pada data-data tersebut.

Disebutkan pula bahwa sebanyak 17 persen perangkat telah terpasang pemindai virus. Artinya, orang yang nantinya membeli dan menggunakan perangkat ini berisiko mewarisi virus atau malware yang ada di dalamnya.

Jadi, agar data atau informasi sensitif yang dimiliki tidak dapat diakses orang lain, termasuk yang membeli smartphone Anda, pastikan data dalam kondisi terenkripsi dan hapuslah dengan benar. Memang, menghapus data dan melakukan format ulang masih tetap menyisakan sedikit celah orang melakukan tindakan tidak bertanggung jawab.

Meski demikian, hal tersebut dapat meminimalkan atau setidaknya mempersulit orang untuk bisa mengakses lebih jauh terhadap data yang ada pada smartphone tersebut. Lakukan pembersihan secara menyeluruh agar gawai tersebut tidak lagi menyimpan data penting. Berikut ini tipsnya:

1. Timpa Data

Pastikan data penting telah ditimpa(overwritten) berulang kali agar tidak dapat dipulihkan oleh orang lain. Cara ini bisa digunakan melalui aplikasi solusi keamanan.

2. Manfaatkan Aplikasi

Melalui aplikasi bawaan dari sistem operasi bisa dimanfaatkan untuk mengenkripsi dan menghapus serta merusak file penting agar tidak dapat dibuka kembali.

3. Autentikasi dua langkah

Cara ini merupakan langkah pencegahan apabila ada penyusup yang berupaya menjebol akun Anda.

4. Pastikan Tidak Ada Data Penting

Meski tidak ada yang dapat menjamin 100 persen bahwa data kita hapus akan dapat diakses kembali setidaknya kita telah berusaha agar data tersebut sudah 'hangus'. Cara ini bisa dilakukan pemeriksaan dengan melakukan pencarian data penting tersebut.

5. Reset pabrik

Cara ini menjadi benteng terakhir pada gawai agar tidak ada orang lain yang bisa mengakses data penting Anda. Bisa memanfaatkan fitur reset pabrik (reset factory).

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Bingung Temukan Bakat Anak? Ini Tipsnya

Johann Wolfgang von Goethe seorang penulis dan penyair dari Jerman
berita-headline

IXU

Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Lebih Cepat

Pertanyaan: Bagaimana memaksimalkan fitur hemat baterai pada Smartphone? Apakah ada syarat khu
berita-headline

Inersia

Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar dari Rifat Sungkar

Saat PPKM seperti sekarang ini tentunya banyak mobil yang hanya terparkir di garasi rumah. Meski
berita-headline

Inersia

Ini Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri oleh Perempuan

Di era seperti sekarang ini, tak hanya pria yang beraktivitas menggunakan mobil, tapi wanita juga
berita-headline

Hangout

Lakukan Hal Ini Saat Harus Mengemudi Jarak Jauh

Kegiatan mengemudi atau berkendara sangat membutuhkan fokus juga kesiapan fisik dan mental yang b