https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 August 2021 - 11:27 wib

Tiga Ekor Harimau Sumatra Mati Terjerat

Tiga ekor harimau sumatra ditemukan mati di kawasan pegunungan dan hutan lindung Kecamatan Meukek, Aceh Selatan pada Rabu (25/8/2021) lalu.

Diduga, ketiga harimau itu adalah induk dan dua anaknya yang mati disebabkan jeratan babi. Karena saat ditemukan terdapat jeratan di tubuhnya yang sudah membusuk dan matinya berdekatan antara satu dan yang lainnya.

"Kita masih dalami apakah jeratan itu dibuat untuk harimau atau yang lainnya," ujar Agus Arianto, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Hingga saat ini pihak BKSDA masih melakukan pemeriksaan mengenai kematian hewan yang dilindungi tersebut atau dengan nama latin panthera tigris sumatrae.

Diketahui, harimau sumatra merupakan salahsatu satwa liar yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Bahkan keberadaan harimau sumatra saat ini dinilai sudah terancam kritis.

Adapun ciri-ciri fisiknya berbeda dengan harimau jenis lain, salahsatunya adalah memiliki tubuh yang relatif kecil. Untuk harimau sumatra jantan dewasa umumnya memiliki panjang 250 sentimeter dari ujung kepala sampai kaki belakang dan tinggi 60 sentimeter serta memiliki berat 140 kilogram.

Sedangkan untuk harimau sumatra betina panjangnya sekitar 198 sentimeter dan berat 91 kilogram. Warna kulitnya pun cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan harimau jenis lain.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Konflik Manusia dengan Satwa Liar Harus Diatasi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diminta serius menangani konflik antara manusia