https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 August 2021 - 13:05 wib

Optimalkan Tugas Pengawasan, Bea Cukai Gandeng Berbagai Instansi

Bea Cukai kembali menjalin sinergi dengan instansi dan pihak lain dalam upaya mengoptimalkan tugas pengawasan di berbagai daerah. Kali ini sinergi dilakukan oleh Bea Cukai Batam, Bea Cukai Atambua, Bea Cukai Merauke dan Bea Cukai Tanjung Perak.

Pada Senin (23/8), Kepala Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo mengunjungi Kapolda Kepualauan Riau, Irjend Pol Aris Budiman di Kantor Polda Kepulauan Riau, Nongsa, Batam. Pada kunjungan ini, turut hadir Kepala Kanwil Bea Cukai Kepulauan Riau, Akhmad Rofiq. Keduanya melakukan kunjungan setalah dilantik pada Senin (02/08) lalu.

“Kunjungan ini untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat baru, juga untuk mempererat silaturahmi dan sinergi yang selama ini telah terjalin antara Bea Cukai dan Polda Kepri. Karena kami memiliki keterkaitan tugas dengan Polda Kepri dalam mengawasi peredaran barang di wilayah Batam,” jelas Ambang.

Dari wilayah Nusa Tenggara Timur, Bea Cukai Atambua bersama Immigration, Quarantine, dan Security melakukan patroli laut bersama di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste  pada Senin (23/08). Patroli laut dipimpin oleh Pemeriksa Bea Cukai Pertama, Roben Dima, selaku komandan patroli.

 “Kita sebagai instansi terdepan di perbatasan harus menunjukkan yang terbaik, sinergi antar unsur Customs, Immigration, Quarantine, dan Security (CIQS) adalah salah satu wujud kita dalam menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, I Made dalam arahannya.

Selanjutnya dari Papua, Kepala Bea Cukai Merauke, Dian Kaban melakukan kunjungan ke Kejaksaan Negeri Merauke dan diterima langsung oleh Kajari Merauke, Radot Parulian, SH, MH pada Senin (23/08). Kunjungan ini merupakan upaya mendukung kinerja pengawasan dan penegakan hukum di Merauke.

Dian mengatakan bahwa penegakan hukum menjadi hal yang sangat penting dalam mendorong kinerja pengawasan dan optimalisasi penerimaan negara serta menguatkan industri dalam negeri. “Salah satu yang menjadi prioritas kami adalah penegakan hukum atas peredaran rokok ilegal, ini sangat merugikan perekonomian negara dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dari Jawa Timur, Kepala Bea Cukai Tanjung Perak, Sodikin melakukan kunjungan ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Jum’at (20/08). “Tujuan kami adalah silaturahmi dan koordinasi dengan Kapolres baru, AKBP Anton Elfirno Trisanto,  harapannya kedepan akan tercipta koordinasi yang baik dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan,” ujar Sodikin.

Dengan berbagai sinergi ini diharapkan mampu menguatkan koordinasi antara Bea Cukai dengan berbagai instansi lain. Sehingga ke depannya pengawasan dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai di berbagai daerah dapat semakin kuat. [adv]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Bea Cukai Meulaboh Amankan 200 Ribu Batang Rokok Ilegal di Aceh

Bea Cukai Meulaboh berhasil menggagalkan upaya pengiriman rokok ilegal di wilayah Pesisir Barat A
berita-headline

Kanal

Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Polri, Imigrasi, dan TNI

Egosentrisme lembaga menjadi satu hal yang harus dihindari oleh segenap instansi pemerintah, tak
berita-headline

Viral

Bea Cukai Semarang dan Satpol PP Demak Gagalkan Pengiriman Paket Kargo

Bea Cukai Semarang dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Demak bersinergi gagalkan
berita-headline

Viral

Bea Cukai Soekarno-Hatta Optimalkan Layanan untuk Fasilitasi Hibah dari New York

Bea Cukai Soekarno Hatta kembali memberikan fasilitas atas importasi hibah dukungan alat kesehata
berita-headline

Kanal

Upaya Bea Cukai Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor

Sebagai komitmen mendukung pelaku industri dalam menembus pasar global, Bea Cukai terus berupaya