https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 August 2021 - 06:47 wib

Kawan Etnik, Merekatkan Tenun Lokal ke Hati Generasi Milenial

Apakah kalian pernah mendengar komunitas yang berkecimpung dalam penggemar kain tenun etnik? Dalam artikel kali ini, Inilah.com ingin memperkenalkan kalian pada salah satu komunitas kain tenun etnik paling kece di Jakarta yaitu ‘Kawan Etnik’.

Kawan Etnik adalah komunitas seni kain etnik yang lahir dari para pelanggan Awan Ethnic Craft (AEC) yang didirikan oleh Mansu dan Awan Ikhwan.

Dijumpai salah satu pendirinya di rumahnya di petukangan utara, Jakarta selatan, Jumat (27/8/2021) yang tak jauh dari tokonya, Awan (32) sapaanya menyambut dengan banyak macam desain kain etnik yang sudah lama ia koleksi.


Ia menuturkan komunitas Kawan Etnik kebanyakan memang teruntuk mereka yang hobi budaya Indonesia dengan tenunnya.

"Kalau kisaran berapa total kawan etnik mungkin sejumlah follower (instagram) awanethniccraft," tuturnya kepada Inilah.com.


Awan yang berbicara dengan logat canda betawinya menceritakan, Kawan Etnik sebagian besar sekumpulan dari pelanggannya yang level tingkat anak sekolahan hingga Mahasiswa. Selain membuat acara perkumpulan untuk tukar ide terkini soal tenun lokal. Mereka juga mencari kain tenun yang cocok dengan ukuran kantong mereka, seperti tenun Sumba dan Toraja yang menjadi favorit. Di luar itu, banyak yang mencari aksesoris.

Awan juga menceritakan ia amat senang berbisnis dan melestarikan seni dan kebudayaan pada saat yang bersamaan dengan menjual aneka macam kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya berupa lembaran, kain tenun diolah menjadi aneka ragam produk yang siap pakai mulai dari pakaian hingga aksesoris.

“Tahun 2016 awal merintis sudah banyak yang suka kita bahkan buka toko pertama di Mal Neo Soho, Jakarta Barat,” kenang Awan.


Kain tenun yang dijual di antaranya berasal dari Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Banten, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga Sulawesi. Selain kain tenun, AEC juga menjual aneka ragam kerajinan (craft) khas Indonesia. 


“Di sini (Awan Ethic Craft) enggak cuman tenun doang, tapi ada kerajinan khas daerah di Indonesia,” tambahnya.

AEC yang telah memperkerjakan 23 karyawannya ini juga menjual ragam kain tenun dengan corak bervariasi yang didapatkan dari berbagai daerah ketika Awan berjalan keliling Indonesia. Selain dijual dalam bentuk lembaran, kain tenun juga berbentuk produk aksesoris fashion seperti kalung,gelang, topi, tas, baju, outerwear, jaket, sampai sarung dan pakaian muslim.