https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   29 August 2021 - 15:12 wib

Pemuka Agama Tersangkut Kasus Penodaan Agama Sepanjang 2016-2021

Kasus penistaan agama belakangan ini sedang ramai dibahas. Dari penelusuran Inilah.com semenjak tahun 2016 hingga 2021 ada sejumlah laporan Polisi dan penangkapan terhadap tokoh agama terkait kasus tersebut. 

1. Youtuber M. Kece

Youtuber  M. Kece, yang mengaku pendeta dibekuk oleh Polisi di Bali. Tepatnya setelah dipolisikan akibat aransemen pernyataannya dalam kanal Youtube dinggap mengandung penghinaan terhadap ajaran umat Muslim.

Dijerat Pasal 28 ayat (2) dan junto Pasal 45a ayat (2), di mana dalam pasal tersebut diatur barang siapa dengan sengaja tidak sah menyebarkan permusuhan, kebencian berdasarkan SARA dan juga disangkakan dengan Pasal 156a KUHPidana tentang penodaan agama.

2. Ustad Yahya Waloni

Yahya Waloni, ditangkap dengan tuduhan kasus ujaran kebencian berdasarkan SARA dan menjadi tindak lanjut  laporan dari Komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme yang dilayangka pada Selasa, 27 April 2021 silam.

Pasal yang disangkakan kepada Yahya Waloni sama seperti M. Kece. Yakni Pasal 28 ayat (2) dan junto Pasal 45a ayat (2), di mana dalam pasal tersebut diatur barang siapa dengan sengaja tidak sah menyebarkan permusuhan, kebencian berdasarkan SARA dan juga disangkakan dengan Pasal 156a KUHPidana tentang penodaan agama.

3. Joseph Paul Zhang

Jozeph Paul Zhang seorang pastor yang tersangkut kasus dugaan penistaan agama. Apologetik Kristen itu mengaku sebagai Nabi ke-26. Jozeph beberapa kali mengeluarkan kalimat yang dianggap mengolok-olok agama Islam.

Jozeph dijerat  Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) tentang larangan menyebarkan informasi yang mengandung unsur kebencian atau permusuhan, serta Pasal 156a KUHP terkait penistaan agama. 

Proses penanganan kasus pria berkacamata itu hingga saat ini tak jelas rimbanya. 

4. Saifuddin Ibrahim alias Pendeta Abraham Ben Moses

Saifuddin Ibrahim sempat divonis atas kasus penistaan agama dengan hukuman Empat tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Tangerang pada tahun 2018 silam.

Dia didakwa melecehkan Nabi Muhammad lewat perbincangan dengan seorang sopir taksi online bernama Supri.

Dia dituduh mengutip salah satu ayat dari kita suci agama Islam tentang pernikahan dan menyampaikan kepada sang sopir untuk masuk Kristen.

Hakim memutuskan Pendeta Abraham terbukti melakukan pelanggaran terhadap Pasal 28 ayat 2 UU ITE, Juncto Pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang SARA dan Pasal 156A tentang Penodaan Agama.

5. Ustad Abdul Somad (UAS)

UAS dipolisikan ke Polda NTT. Pihak pelapor adalah sekelompok orang mengatasnamakan Brigade Meo NTT pada tahun 2019 silam. Laporan ini terkait dugaan penistaan agama.

UAS dianggap menghina simbol salib umat Kristen dan mengatakan dalam ceramahnya bahwa salib didiami oleh jin kafir karena patung yang tergantung di sana. 

Namun proses hukum tidak berjalan karena ujaran penghinaan tersebut tidak masuk dalam pelanggaran UU ITE lantaran disampaikan di forum tertutup. 

6. Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq pernah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh pimpinan pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Senin (26/12/2016) lalu. 

Habib Rizieq diduga melecehkan umat Kristen melalui isi ceramahnya di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, berdasarkan tayangan video yang diunggah di akun Twitter dan  Instagram.


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan