Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

NFT Bakal jadi Tren di 2022

Jumat, 24 Des 2021 - 18:49 WIB
NFT
dokumentasi inilah.com

Novrizal Pratama, Sekjen Komite Ekraf Jakarta menjelaskan, NFT akan menjadi tren di 2022.

“Saya sih percaya NFT akan jadi yang besar di 2022.Terutama berkaitan dengan dua hal ya. Lifestyle ya misalnya facebook itu berganti nama meta, nanti kita akan bersosial media itu pakai kacamata VR,” papar Novrizal kepada Inilah.com, Jakarta, Jumat, (24/12/2021).

Dia menjelaskan, nantinya orang-orang akan bertemu lewat virtual dan ini menggunakan keunikan.

“Kita bertemu jarak jauh tapi pakai VR jadi dekat, tapi saya pakai avatar Gatot Kaca dan yang lain pakai Avatar lain. Trennya akan ke sana nanti. Dunia virtual yang nanti Avatarnya bisa kita miliki. Makanya NFT itu termasuk di dalam metaverse itu,” tambahnya.

Dia menjelaskan, NFT di dunia metaverse nanti akan menjadi besar.

Baca juga
Hyundai Luncurkan NFT Pertama Berbasis Komunitas di Kalangan Perusahaan Otomotif

“Itu kita lihat akan besar. Mudah-mudahan Indonesia enggak cuma jadi penonton aja sih. Pengennya ikutan juga,” paparnya.

Perlu diketahui NFT atau non-fungible token adalah aset digital yang mewakili objek di dunia nyata. Contoh dari NFT itu sendiri adalah lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek.

Salah satu bentuk dari mulai bermunculan NFT adalah keluaran The Good Dept, yaitu The Good Society merupakan Koleksi Non-Fungible Token (NFT). Pertama kali mengeluarkan dengan jumlah 1100 karakter lucu serta unik yang merepresentasikan para pelanggan The Goods Dept.

Koleksi NFT ini dibangun di atas basis blockchain Ethereum. Tapi uniknya tidak seperti koleksi NFT pada umumnya yang menitik beratkan pada koleksi dan kegunaannya di dunia Maya, pemilik asset The Good Society akan dapat merasakan keuntungan asetnya di dunia nyata sebagai tanda pengenal dan menerima berbagai keuntungan di jaringan retail The Goods Dept.

Baca juga
Swafoto dengan e-KTP, Waspadai Pemulung Data

Mulai dari segelas kopi gratis setiap hari Senin-Rabu selama tahun 2022, diskon hingga 50 persen saat berbelanja di hari ulang tahun, hingga layanan premium seperti pengiriman gratis saat belanja online di situs thegoodsdept.com atau jalur bebas antrian saat masuk ke acara The Goods Dept. Implementasi NFT ke dunia retail ini adalah yang pertama di Indonesia dan ini akan merevolusi banyak hal. Keunikan lain dari NFT ini adalah pemilik aset dapat mengganti atribut karakter, dimana setiap karakter yang dibeli pada perkembangannya dapat mengganti pakaian atau aksesoris lain yang mereka pakai.

“Untuk bisa mencapai hal ini Tim The Goods Dept berkolaborasi dengan 2 pihak, yang pertama adalah Iman Waskito selaku ilustrator yang membuat 1100 karakter unik tersebut dan juga tim dari Gas Pack, startup yang telah meluncurkan beberapa project NFT sebelumnya dan fokus pada pengembangan ekonomi digital di era WEB 3.0. Ketiga pihak ini memiliki harapan yang cukup besar untuk perkembangan sistem NFT hingga dapat membuka peluang inovasi digital yang lebih banyak lagi,” ujar Anton Wirjono.

Tinggalkan Komentar