Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

NII Mau Gulingkan Pemerintah, Gerindra Sumbar: Tidak Mungkin, Orang Minang Pejuang Kemerdekaan

NII Sumbar Andre Rosiade - inilah.com
Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat/Anggota DPR RI, Andre Rosiade - dpr.go.id

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade meragukan informasi adanya kelompok Negara Islam Indonesia (NII) di Sumbar yang berencana melengserkan pemerintahan Jokowi sebelum Pemilu 2024.

“Kami warga Minang cinta NKRI. Orang minang pejuang kemerdekaan. Tidak mungkin menggulingkan pemerintahan yang sah,” kata Andre dalam keterangannya, Rabu (20/4/2022).

Andre mengakui mendengar kabar ribuan orang yang tergabung NII di Sumatera Barat. Ia pun meminta Pemerintah Provinsi, Bupati dan Wali Kota se-Sumatera Barat segera melakukan koordinasi dengan Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk mengantisipasi paham NII.

“Kita meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada warganya yang terindikasi terlibat NII segera berkomunikasi dengan BNPT, Mabes Polri, dan Polda Sumbar dengan melibatkan MUI serta LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) untuk melakukan pendataan, dan kalau memang ada ya segera dilakukan program deradikalisasi untuk mengantisipasi adanya paham NII,” ujar Andre.

Baca juga
Setelah Digulingkan Junta Militer, Suu Kyi Dihukum 2 Tahun Penjara

Andre yang juga Anggota DPR itu mengingatkan bahwa warga Minang merupakan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

“Mungkin ada yang berbeda pandangan dan kritis terhadap pemerintah, itu bagian dari demokrasi. Tapi kalau menggulingkan pemerintah itu tidak mungkin, karena kami warga Minang adalah warga yang cinta NKRI, warga Minang taat konstitusi, dan kami tidak mungkin menggulingkan pemerintahan yang sah,” tandas Andre.

Tinggalkan Komentar