Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Nutrisi Penting untuk Penderita Gangguan Pernapasan

Nutrisi
unsplash

Nutrisi merupakan hal penting yang diperlukan para penderita gangguan pernapasan, apalagi di tengah melonjaknya kasus COVID-19.

Medical General Manager Kalbe, dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, AIFO-K, mengatakan bahwa idealnya nutrisi mikro dan makro harus terpenuhi dalam sajian makanan. Dalam hal ini, disebut keragaman porsi.

“Tapi sering kali kita secara keragaman tidak seimbang. Jadi makan karbohidratnya kebanyakan tapi proteinnya kurang, atau vitamin mineralnya tidak terkecukupi. Pada kondisi tersebut, kita merasa sehat tapi ternyata kita menjadi manusia yang tidak bugar dan menimbulkan penyakit, seperti obesitas, hipertensi, diabetes,” ujar dr. Dedy dalam live Instagram @KalbeGroup ditulis di Jakarta, Sabtu, (05/03/2022).

Baca juga
BPOM Didorong Cek Efektifitas Ivermectin Sebagai Obat Covid-19

Terkadang, bagi orang yang memiliki gangguan pernapasan, porsi makan setiap hari tidak tercukupi kebutuhan nutrisinya.

“Jadi orang sehat saja banyak porsi makan yang keragamannya tidak pas. Apalagi bagi yang memiliki gangguan pernapasan, pastinya porsinya sering kali tidak terkecukupi, apalagi keragamannya,” tambahnya.

Tujuan porsi makan ialah untuk menjaga berat badan agar dalam rentang berat badan ideal.

Porsi makan pun harus terkecukupi, yakni dengan memenuhi pedoman gizi seimbang dalam porsi makan, mencakup nasi, lauk, sayur, dan buah, yang mengandung nutrisi mikro dan makro.

“Tapi tidak semua orang bisa masak atau belanja, maka kita perlu menambahkan suplemen makanan. Biasanya kita terpikirnya tablet atau kapsul, tapi suplemen makanan itu banyak jenisnya, yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Salah satunya adalah minuman serbuk atau susu,” jelasnya.

Baca juga
Terungkap, Ini 5 Daerah jadi Sarang Penyakit TBC

Pada kondisi tertentu, kita tidak bisa mencapai kebutuhan gizi harian, baik dari penyediaan makanan maupun keragamannya. Kondisi itu dapat dibantu dengan mengonsumsi oral nutritional supplements (ONS), yang salah satunya berbentuk susu.

Tinggalkan Komentar