Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

OJK Minta Masyarakat Waspadai Kamuflase Pinjol Ilegal

OJK Minta Masyarakat Waspadai Kamuflase Pinjol Ilegal
Ilustrasi Pinjol Ilegal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengimbau masyarakat di seluruh daerah di Sulteng berhati-hati upaya pinjaman online atau pinjol ilegal yang berkamuflase. Sebab saat ini pinjol ilegal banyak mengklaim jika mereka sudah terdaftar agar masyarakat percaya.

Kepala OJK Provinsi Sulteng Gamal Abdul Kahar menjelaskan ada beberapa jebakan yang kerap pinjol ilegal lakukan sehingga masyarakat secara tidak sadar dan tidak sengaja kemudian terlanjur meminjam uang pada pinjol ilegal.

“Biasanya pinjol ilegal mereplikasi atau meniru nama dan menggunakan logo yang sangat mirip dengan pinjol legal yang terdaftar dan mengantongi izin OJK untuk beroperasi sehingga masyarakat kerap tertipu. Mereka kira meminjam uang di pinjol legal, tapi ternyata meminjam di pinjol ilegal,” katanya di Kota Palu, Kamis (7/4/2022).

Baca juga
Pertamina Diam-diam Naikkan Harga Tiga Jenis BBM untuk Orang Kaya

Kemudian, pinjol ilegal kerap menawarkan pinjaman ke nomor pribadi masyarakat seperti melalui pesan singkat atau Short Massage Service (SMS) dan kontak WhatsApp (WA). Padahal penawaran seperti itu dilarang dilakukan oleh pinjol legal.

“Bahkan ada pinjol ilegal yang langsung mentransfer uang pinjaman ke rekening korban. Padahal korban tidak pernah mengajukan permohonan pinjaman,” ujar Gamal.

Gamal menyatakan hal itu dapat terjadi karena korban membuka aplikasi pinjol ilegal di telepon genggam miliknya, kemudian secara otomatis semua data pribadi milik korban yang ada dalam telepon genggam itu terbaca dan dapat diakses oleh pinjol ilegal tersebut dan langsung mentransferkan uang kepada korban.

Baca juga
Marak Kebocoran Gas Beracun, Jatam Minta Setop Operasional 64 WK PLTP

Oleh sebab itu, Gamal mengatakan agar masyarakat tidak tertipu dan menjadi korban modus pinjol ilegal, jangan pernah membuka apalagi sampai mengakses penawaran pinjaman yang masuk melalui SMS atau pesan melalui WA.

“Selain itu masyarakat dapat mengetahui daftar pinjol ilegal yang terdaftar, mengantongi izin dan diawasi oleh OJK di website OJK. Di situ termuat seluruh pinjol yang legal,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar