Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang, Ini Solusinya

Rabu, 11 Mei 2022 - 02:07 WIB
oli mesin mobil
(ist)

Saat perjalanan jauh seperti mudik, oli mesin mobil berkurang saat digunakan adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika berkurangnya sangat berlebihan, hal ini rawan menimbulkan masalah pada kendaraan.

Pasalnya, oli memiliki peran penting bagi kendaraan, yaitu memberikan lapisan komponen saat bergesekan agar tidak cepat aus dan rusak.

“Berkurangnya volume oli mesin karena pemakaian adalah wajar. Ada beberapa penyebab terjadinya pengurangan oli mesin saat digunakan, yaitu oli mesin yang kualitasnya kurang bagus dan juga tidak sesuai,” ulas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot, dalam keterangannya kepada Inilah.com.

Oli mesin yang bagus dan sesuai akan mengurangi penguapan oli saat digunakan. Sehingga pengurangan oli yang berlebihan bisa diatasi.

Baca juga
Sering Menatap Layar Monitor? Ikuti Tips Ini untuk Tetap Menyehatkan Mata

Selain kualitas dan kesesuaian oli mesin, hal lain yang menjadi penyebab terjadinya pengurangan oli secara berlebihan adalah adanya kebocoran oli dari seal atau packing yang terdapat di mesin kendaraan. Ini penting untuk diperhatikan apalagi jika kebocoran oli sudah sangat parah.

Tak hanya itu, penyebab oli mesin berkurang secara berlebihan adalah ring piston dan seal klep yang sudah mulai rusak sehingga oli mesin ikut terbakar, dan juga adanya kerusakan seperti goresan pada dinding silinder mesin yang membuat oli mesin berkurang.

Meski tidak mengeluarkan asap putih pada knalpot, namun ini sangat perlu diperhatikan sebagai gejala ringan adanya kebocoran oli pada ruang bakar yang disebabkan oleh komponen tersebut. Jika sudah parah kerusakannya mungkin akan ada asap putih yang keluar dari knalpot.

Baca juga
Bagaimana Jika Suami Anda Mengalami PHK?

“Sangat penting untuk memeriksa level oli setiap mobil akan digunakan agar terhindar dari kerusakan mesin yang lebih parah. Jika sudah ada indikasi berkurangnya oli mesin yang sangat berlebihan, segera konsultasikan ke bengkel resmi,” ujar Samsudin.

Tinggalkan Komentar