Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

OpenSignal: Kecepatan Unduhan Internet di IKN Terbaik Kedua setelah Jakarta

Internet IKN - inilah.com
Istockphoto

OpenSignal, sebuah perusahaan yang menganalisis layanan seluler mobile global, baru saja merilis laporan terbaru terkait jaringan seluler di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur,  Jakarta, dan Jawa yang berdekatan dengan bekas ibu kota untuk melihat bagaimana wilayah ibu kota baru ini memenuhi berbagai aspek pengalaman jaringan seluler.

Analisis dari Opensignal menunjukkan bahwa Jakarta memiliki keunggulan dalam kecepatan seluler. Namun, Kalimantan Timur lebih cepat dari sebagian besar wilayah Jawa meski tak mengungkap Service provider (ISP) apa yang digunakan.

“Pengguna kami di Jakarta mengamati kecepatan unduh rata-rata 17,5 Mbps, yang berarti 1,2 Mbps (7,6%) lebih cepat dari Kalimantan Timur. Sementara itu, pengguna kami di wilayah ibu kota baru melihat kecepatan unduh rata-rata 16,3 Mbps, yang 3,8 – 4,3% lebih cepat dari Banten dan Jawa Timur yang berada di posisi berikutnya, dan 26,1% lebih cepat dari Jawa Tengah, yang berada di urutan terbawah,” tulis data analis dari OpenSignal Hardik Khatri dalam keteranganya kepada inilah.com, Senin (18/04/2022).

Baca juga
Main Film Doctor Strange 2, Elizabeth Olsen Frustasi dan Diselimuti Penyesalan

202204 Idn New Capital 1 - inilah.com

Selanjutnya pada pengalaman kecepatan unggah rata-rata, sang Analis menemukan perbedaan yang lebih besar antara Jakarta dan Kalimantan Timur. Sementara pengguna mengamati kecepatan unggah tercepat 8,6 Mbps di Jakarta, lalu  7,6 Mbps di Banten. Kalimantan Timur ditempatkan di tengah tabel dengan rata-rata 6,5 Mbps — 2% lebih cepat dari Jawa Timur dan hampir 20% lebih cepat dari Jawa Tengah.

Pengalaman streaming video dan suara

Opensignal juga menemukan bahwa pengalaman pengguna ponsel cerdas saat melakukan streaming video melalui koneksi seluler di Kalimantan Timur memperoleh peringkat Pengalaman Video yang sama dengan Jakarta  dan sebagian besar wilayah Jawa. Pengguna kami di seluruh wilayah ini menikmati Pengalaman Video yang Wajar/Fair (40-55), kecuali Jawa Tengah. Jakarta memimpin dengan 47,3 poin (dalam skala 100 poin) dalam hal skor, sementara Jawa Tengah berada di urutan terakhir dengan 38 poin.

Baca juga
McD Bakal Buka Cabang di Metaverse, Bisa Pesan Big Mac via Dunia Virtual

202204 Idn New Capital 2 - inilah.com

Urusan pengalaman Aplikasi Suara. Jakarta meraih 2,9 poin lebih tinggi dari Kalimatan Timur, yang berada di paruh bawah tabel dengan 74,6 poin (dari 100) bersama Jawa Tengah (74,3). Peringkat Pengalaman Aplikasi Suara sama di seluruh Jawa dan Kalimantan Timur, karena semua wilayah masuk dalam kategori baik (74-80) untuk kualitas pengalaman pengguna berdasarkan penggunaaan layanan aplikasi suara over-the-top (OTT) seperti WhatsApp, Skype dan Facebook Messenger.

Berbeda dengan Pengalaman Video dan Pengalaman Aplikasi Suara, pengguna kami melihat variasi yang lebih besar dalam Pengalaman Game di seluruh wilayah. Dengan keunggulan 6,6-9,7 poin atas Kalimantan Timur, Jakarta dan Banten menjadi satu-satunya wilayah yang masuk dalam kategori Sedang (65-75) untuk kualitas multiplayer mobile gaming, sementara wilayah lain menempati satu kategori lebih rendah.

Baca juga
Sentimen Wall Street, Minyak, dan Omicron Buat IHSG tak Nyaman

Pengalaman Game yang Wajar/Fair menunjukkan bahwa pengguna menganggap pengalaman itu ‘rata-rata’. Dalam kebanyakan kasus, game responsif terhadap tindakan pemain, dengan sebagian besar pengguna melaporkan bahwa mereka merasa memiliki kendali atas game. Mayoritas pemain melaporkan bahwa mereka melihat penundaan antara tindakan mereka dan hasil dalam permainan.

Tinggalkan Komentar