OpenSignal Ungkap Internet 4G di Indonesia Lebih Ngebut Dibanding Wi-Fi

OpenSignal Ungkap Internet 4G di Indonesia Lebih Ngebut Dibanding Wi-Fi - inilah.com

Dalam laporan Riset terbaru yang dilakukan Opensignal menunjukkan bahwa rata-rata kecepatan  yang pengguna ponsel dapatkan di tanah air lebih kencang memakai jaringan 4G ketimbang Wi-Fi

Januari 2021 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia berhasil menembus angka 200 juta orang berdasarkan hasil riset Hootsuite dan We Are Social. Berhubung Indonesia merupakan pasar yang mobile-first, 195,3 juta (96,4%) dari total pengguna tadi mengakses internet via ponsel, baik menggunakan jaringan seluler maupun jaringan Wi-Fi.

Secara umum, pengguna akan lebih memilih Wi-Fi karena sejumlah alasan. Yang paling utama biasanya adalah untuk menghemat kuota data, namun tidak jarang juga yang beralasan Wi-Fi menawarkan kecepatan Unduhan yang lebih tinggi daripada 4G.

Baca juga  Inilah Pemain Pemilik No. 10 Barcelona Setelah Messi

Menariknya, riset terbaru yang dilakukan Opensignal menunjukkan hasil yang berbeda. Dalam skala nasional, rata-rata kecepatan Unduhan yang didapat pengguna via jaringan 4G mencapai 15,1 Mbps, atau sekitar 25% lebih tinggi daripada yang didapat menggunakan jaringan Wi-Fi — sekitar 12 Mbps, baik di jaringan publik maupun pribadi.

Seperti yang bisa dilihat pada grafik di atas, selisihnya malah lebih jauh lagi jika dibandingkan dengan MiFi atau malah 3G, dan ini pada dasarnya menunjukkan betapa pentingnya ketersediaan jaringan 4G — atau malah 5G sekalian — di area-area yang belum tercakup.

Dalam skala regional, trennya pun tidak jauh berbeda. Di 12 kawasan utama di Indonesia, kecepatan Unduhan yang pengguna dapatkan ternyata memang lebih tinggi memakai 4G ketimbang Wi-Fi. Meski begitu, selisih kecepatannya berbeda-beda di tiap daerah.

Baca juga  Jumlah Penumpang Pesawat Naik 47,2 Persen pada Oktober

Di Papua Barat misalnya, kecepatan Unduhan via 4G tercatat 58% lebih kencang daripada via Wi-Fi (14,6 Mbps dibanding 9,2 Mbps). Namun di kawasan seperti Jakarta, selisihnya tercatat cuma 4% saja (18,1 Mbps dibanding 17,5 Mbps). Tanpa perlu terkejut, di antara 12 kawasan tadi, kecepatan Unduhan yang pengguna dapatkan di Jakarta ini memang adalah yang tertinggi, baik untuk jaringan 4G maupun Wi-Fi.

Satu hal yang pasti, Opensignal menyimpulkan bahwa pengguna internet di Indonesia sekarang dapat menikmati koneksi internet yang lebih cepat ketimbang tiga tahun lalu.

Dibandingkan hasil analisis serupa yang mereka lakukan di tahun 2018, kecepatan Unduhan rata-rata menggunakan Wi-Fi kini lebih kencang 50%, sementara kecepatan Unduhan menggunakan 4G malah sekitar 65% lebih tinggi.

Baca juga  Jaringan Internet Telkomsel dan Telkom Kompak Tumbang, Ada Apa?

Tinggalkan Komentar