Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Pabrik Feronikel Milik Antam Mulai Beroperasi Februari 2023

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:36 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Editor : Ibnu Naufal
Pabrik Feronikel Milik Antam Mulai Beroperasi Februari 2023
Feronikel/Foto: Antara

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memproyeksikan pabrik pengolahan feronikel yang berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara, akan beroperasi secara penuh pada Februari 2023.

Direktur Utama Antam Nicolas Kanter mengatakan telah melakukan penandatanganan perjanjian jual beli tenaga listrik dengan PT PLN (Persero) terkait pengadaan pasokan listrik untuk periode 30 tahun ke depan.

“Kami sudah tanda tangan perjanjian jual beli tenaga listrik dengan PLN. Commissioning kami targetkan akhir tahun ini bulan Desember,” kata Nico dalam konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Antam di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Sejauh ini perkembangan pembangunan pabrik pengolahan feronikel Antam telah mencapai 98 persen. Sisa dua persennya adalah listrik yang belum mengalir ke pabrik tersebut.

Baca juga
ANTM Tunjuk Syarif Faisal jadi Corporate Secretary Division Head

Antam akan mendapatkan listrik berkapasitas 111 megawatt melalui dua tahap, yakni 51 megawatt pada Desember 2022 dan 60 megawatt pada akhir Januari 2023.

Direktur Operasi dan Produksi Emas Antam I Dewa Wiranata mengatakan sedang melakukan proses percepatan untuk mendapatkan aliran listrik.

Sementara itu dari sisi PLN sudah melakukan pengukuran tanah yang nantinya akan jadi lokasi pembangkit listrik. “Sesuai sekenario, bulan Desember kami melakukan commissioning, kemudian akhir Februari nanti atau awal Maret operasional,” kata Dewa.

Pabrik feronikel Antam di Halmahera Timur merupakan bagian dari proyek untuk meningkatkan kapasitas produksi terutama feronikel berkapasitas 13.500 ton per tahun.

Baca juga
Kuartal I-2022, Antam Catatkan Pertumbuhan Laba 132 Persen

“Kita ketahui bersama proyek ini cukup lama terkendala masalah pasokan listrik dan mudah-mudahan di tahun 2023 nanti Februari sudah mulai beroperasi,” pungkas Dewa.[inu]

Tinggalkan Komentar