inilah.comarenaPaguyuban Suporter Timnas: Indra Sjafri Buat Perbedaan Positif pada Garuda Muda

Paguyuban Suporter Timnas: Indra Sjafri Buat Perbedaan Positif pada Garuda Muda

Rabu, 17 Mei 2023 - 07:06 WIB
Share
Paguyuban Suporter Timnas: Indra Sjafri Buat Perbedaan Positif pada Garuda Muda

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri usai Juara Sea Games 2023 (Foto: PSSI)

Coach Indra Sjafri berhasil membuat perbedaan positif yang signifikan bagi Timnas Indonesia U-22. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI), Ignatius Indro yang mengapresiasi kontribusi serta kualitas kepemimpinan pelatih asal Sumatra Barat tersebut.

“Di sini saya mengapresiasi Coach Indra Sjafri telah berhasil mulai dari pemilihan pemain yang baik sehingga timnas memiliki kedalaman squad hingga membuat pemain tetap tenang dan tidak mudah panik sehingga bisa menjadi juara,”  kata Indro kepada Inilah.com, Rabu (17/5/2023).

Ia pun menyoroti keberanian dan mental baja yang ditunjukkan oleh skuad Timnas Indonesia, yang terlihat bahkan sebelum pertandingan final saat melawan Vietnam di babak empat besar. Menurutnya, para pemain menunjukkan perkembangan yang membanggakan dalam permainan dan mentalitas mereka, dan hal ini terlihat jelas dalam dua pertandingan krusial, baik di semifinal maupun final.

Dalam pertandingan semifinal, meskipun Rizky Ridho harus bermain dengan hanya 10 pemain, semangat juang mereka tidak pernah menurun. Meskipun Vietnam berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, harapan Merah Putih untuk melaju ke partai puncak tetap terjaga ketika Muhammad Taufany mencetak gol penentu di menit akhir pertandingan.

Momentum itu berlanjut ke pertandingan final, dan menurut Indro, kondisinya hampir serupa. Dengan adanya provokasi yang terjadi, mental baja skuad Garuda Muda benar-benar diuji. Meskipun skor sama kuat pada menit akhir dan terjadi keributan, para pemain tetap mampu menjaga konsentrasi dan emosi mereka, sehingga fokus pada pertandingan dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor besar pada babak perpanjangan waktu.

PSTI mengakui bahwa perubahan positif dalam mentalitas Timnas Indonesia tidak terjadi begitu saja. Mereka mencatat peran yang signifikan yang dimainkan oleh pelatih Indra Sjafri dalam menciptakan perbedaan tersebut di tim. Keputusan cerdas dalam pemilihan pemain dan membangun kedalaman skuad membuat para pemain tetap tenang dan tidak mudah panik, yang pada akhirnya membawa mereka meraih kemenangan yang gemilang.

“Meskipun skor disamakan di menit akhir dan terjadi provokasi yang berujung adanya keributan namun kita tetap bisa menjaga mental dan emosi para pemain kita sehingga tetap fokus pada pertandingan sehingga kita bisa kembali unggul di babak perpanjangan waktu bahkan menang dengan skor besar,” puji Indro.

Keberhasilan Timnas Indonesia dalam meraih medali emas SEA Games 2023 adalah hasil dari kerja keras dan tekad para pemain serta dukungan penuh dari suporter. PSTI bangga akan pencapaian ini dan meyakini bahwa mental baja yang ditunjukkan oleh Timnas Indonesia akan menjadi inspirasi bagi generasi muda dan semangat bagi sepak bola Indonesia ke depan.

Topik
Share
Komentar

Tidak ada komentar

BERITA TERKAIT