Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

Pakar Kesehatan Ungkap Sebab Komedian Alami Pendarahan Otak

Jumat, 14 Jan 2022 - 17:57 WIB
pendarahan otak
istimewa

Belakangan, banyak komedian, selebritis, yang mengalami penyakit serius. Salah satunya adalah Komedian Tukul Arwana yang mengalami pendarahan otak atau stroke.

Dokter Muhammad Fajri Adda’i, menjelaskan banyaknya komedian, artis yang sedang berjuang menghadapi sakit kerasnya, ternyata hal ini tidak hanya menimpa para selebritis.

“Tetapi pada populasi luas juga. Contohnya, orang dengan diabetes melitus itu 10 persen dari populasi. Artinya, 1 dari 10 orang yang kita temui sehari-hari kemungkinan menderita penyakit diabetes,” kata dokter yang disapa Fajri kepada INILAH.COM, Jakarta, Jumat, (14/01/2022).

Sebab pendarahan otak

Fajri yang juga Tim Koordinator Relawan Satgas COVID-19 menjelaskan, kadar gula dalam darah tinggi berdampak pada berbagai fungsi organ tubuh. Diabetes juga menjadi silent killer, karena penyakit yang tidak menunjukkan gejala.

“Karena diabetes atau biasa disebut sakit gula ini berdampak pada sakit jantung, sakit stroke, dan lain-lain. Kebetulan, artis ini yang kena, jadi publik melek,” tambahnya.

Baca juga
Sahur Jangan Hanya Minum Teh Manis, Lengkapi dengan Susu, Buah, Sayur dan Protein

Fajri menjelaskan kasus yang tengah menderita Tukul, yaitu pendarahan otak. Penyakit pendarahan otak bisa terjadi karena banyak penyebabnya.

“Seperti darah tinggi lama, bisa dia mengalami gangguan tekanan darah. Jadi pada prinsipnya, sakit-sakit itu tidak terdeteksi. Jadi enggak terdeteksi secara dini dan dampaknya berat,” paparnya.

Seseorang yang mengalami hipertensi lama, masih menurutnya terkadang tidak merasakan sakit. Hal ini bisa membuat seseorang tidak menyadari akhinya mengalami pecah pembuluh darah.

Hal ini yang seharusnya masyarakat perlu waspadai

“Kegagalan atau kekurang waspadaan seseorang terhadap kondisi tubuhnya. Yang paling sering tidak terkontrol hipertensi, kolesterol, asam urat, diabetes melitus yang paling banyak sebenarnya (berpengaruh pada kesehatan),” paparnya.

Baca juga
Bahaya Omicron pada Anak Bisa Sebabkan Gagal Jantung dan Diabetes Melitus

Gaya hidup juga menjadi sebab para komedian mengalami sakit berat.

“Gaya bidup seperti kurang tidur. Misalnya minum kopi banyak, tapi kurang tidur. Olahraganya kurang, tidak makan sayur, itu ngaruh. Rokok juga. Apalagi menggunakan obat-obatan terlarang, kayak kokain, narkoba, itu risiko tinggi sekali,” ujarnya.

Cara cegah agar tidak alami pendarahan otak atau stroke

Pesan kepada masyarakat agar bisa mengambil hikmah dan berkaca dari para kasus komedian dan artis yang mengalami sakit keras adalah kenali kesehatan diri sendiri.

Hal ini sangat penting, dengan melakukan skrining kesehatan apalagi jika sudah menginjak usia 30 tahun ke atas.

Baca juga
Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit, Alami Pendaharan Otak

“Saya mendapatkan pasien 25 tahun mengalami serangan jantung. Karena itu, penting cek tekanan darah mulai dari yang sederhana. Irama jantung kita teratur apa enggak? Kemudian berat badan kita kelebihan enggak,? Cek gula darah kelebihan enggak, cek juga kolesterol. Terus healthy lifestyle adalah hal yang penting, seperti,sayur, buah, makan sehari 5 porsi. Tidur cukup 8 jam sehari, jangan makan yang berlemak,” paparnya.

Tinggalkan Komentar