Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Pakar Siber Ungkap Penyebab YouTube Ganjar Pranowo Lenyap Diretas Hacker

Pakar Siber Ganjar Pranowo (Foto Antara) - inilah.com
Ganjar Pranowo (Foto Antara)

Akun YouTube Ganjar Pranowo hingga kini tidak bisa diakses lantaran diretas hacker. Pakar Keamanan Siber dari CISSReC Pratama Persadha menilai, pelaku hacking akun saluran YouTube Ganjar Pranowo masuk melalui email admin atau akun email utama.

“Sebenarnya peretasan Youtube di tanah air sudah sering terjadi, mulai dari Atta Halilintar, sule, BNPB, dan yang lainnya,” ungkap Pratama kepada Inilah.com, Selasa (26/04/2022).

Menurut Pratama, pada prinsipnya para pelaku hacking channel YouTube Ganjar menyasar potensi paling lemah dari akun tersebut. Biasanya pelaku harus tahu email apa saja yang mengelola akun tersebut.

Mantan Ketua Tim Lemsaneg Pengamanan IT Presiden tersebut menilai kasus peretasan hacker akun YouTube gubernur Jawa tengah ini mirip dengan yang dialami channel Gen Halilintar beberapa waktu lalu, yakni mengubah nama. Namun jika dicek video masih ada.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Kamis, 7 April 2022

Agar peristiwa tidak terulang Pratama menyarankan pengamanan akun email yang terlibat sebagai admin harus ditingkatkan.

Namun jika dicek sampai dengan siang ini, akun Youtube Ganjar Pranowo sudah muncul Kembali, tapi seluruh vidionya masih belum pulih. Seharusnya Google dengan mudah bisa mengembalikan akun Ganjar Pranowo dengan cepat karena akun ini sudah verified, artinya YouTube telah memverifikasi channel tersebut.

Google merespon

Perwakilan Google Indonesia sendiri mengaku sudah menerima laporan peretasan yang terjadi di akun YouTube milik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Mereka juga tengah mengupayakan pemulihan kanal YouTube Ganjar Pranowo.

“Terima kasih sudah melaporkan masalah ini Pak! Kami melihat tim Anda sudah terhubung dengan tim bantuan kami untuk proses pemulihan akun ini. Tim bantuan kami akan memberikan semua informasi tentang langkah selanjutnya lewat email ya!” kata pihak Google Indonesia melalui akun Twitter @TeamYouTube, Selasa (26/4/2022).

Baca juga
Odekta Elvina, Sang Pelepas Dahaga Emas Atletik Indonesia di SEA Games

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengumumkan kalau akun YouTube miliknya diretas dan tidak bisa diakses.

Nama kanal YouTube ‘Ganjar Pranowo’ itu diakui juga sempat diubah nama menjadi akun lain.

“Akun saya diretas dan tidak bisa diakses sejak semalam. Bahkan nama akun sempat berubah (di-rename) menjadi akun lain,” kata Ganjar, dikutip dari akun Instagram @ganjar_pranowo.

Tinggalkan Komentar