Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Pakar Ungkap 5 Tips Diet Sehat Tangkal Omicron

Diet Sehat Tangkal Omicron - inilah.com
Dokumentasi RS Persahabatan

Membangun kekebalan adalah salah satu langkah utama untuk tetap aman dalam pandemi. Terutama saat ini dalam upaya tangkal varian COVID-19 Omicron. Lantas, apa saja tips diet sehat tangkal Omicron?

Saat ini kita menghadapi gelombang COVID lain dengan varian Omicron yang menyebar cepat. Dokter dan ahli menyarankan untuk mengubah pola makan untuk meningkatkan kesehatan.

Vijay Thakkar, seorang pengusaha kebugaran dan pelatih pengobatan fungsional, dan juga pendiri 48 Fitness, mengatakan kesehatan yang baik berarti sistem kekebalan Anda bebas untuk melawan infeksi dengan sekuat tenaga.

“Obesitas dan diabetes melibatkan sistem dalam pergumulan. Dengan demikian, tubuh Anda memiliki respons kekebalan yang lemah terhadap infeksi baru seperti COVID atau bahkan flu,” papar Vijay seperti inilah.com kutip dari indianexpress, Senin, (31/01/2022).

Ide di balik memerangi Omicron dengan makanan adalah untuk memberikan sistem kekebalan Anda untuk melawan infeksi.

Baca juga
Kenali Tiga Fase Penting Penyakit Demam Berdarah

“Diet yang baik dan seimbang, kaya akan protein tingkat pertama yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian, yang menyediakan sembilan asam amino esensial, adalah kunci untuk membangun kembali dan mempertahankan kekebalan yang baik, ” tambahnya.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda masukkan dalam menu diet sehat tangkal Omicron.

1. Sayuran masuk diet sehat tangkal Omicron

Sayuran berdaun hijau selalu menjadi sumber nutrisi utama. Sayuran seperti brokoli, kacang polong, capsicum, bayam dan varian musiman lainnya merupakan sumber vitamin C, lemak sehat, serat dan zat besi.

Jika Anda sudah sembuh dari infeksi, minum kaldu dan sup akan membuat pemulihan lebih mudah bagi Anda.

2. Buah-buahan

Buah-buahan memberi Anda dosis glukosa yang sehat, serat makanan, vitamin C, dan banyak nutrisi antivirus.

Kemudian, buah jeruk, anggur, membantu menghidrasi tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting jika Anda berharap untuk menghindari infeksi ini atau melawan gejalanya.

Baca juga
Kenali Tiga Konsep Kurangi Risiko Penyakit

Memasukkan buah-buahan dalam camilan harian Anda membantu menjaga rasa lapar Anda dan memberi Anda nutrisi penambah kekebalan.

3. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya akan selenium, seng, protein dan vitamin E, B6. dll.

Kacang-kacangan seperti almond, kacang Brazil, walnut, dll., juga merupakan sumber protein yang baik jika Anda seorang vegetarian. Biji labu, rami, dan chia memberi Anda fitokimia seperti antioksidan.

Antioksidan penting untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar dan menjaga lemak tidak sehat.

Ngemil biji-bijian dan kacang-kacangan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Kemudian, hindari makanan yang digoreng yang terbuat dari tepung putih halus dan lemak trans. Mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap terkendali.

4. Produk susu

Produk susu seperti susu, yoghurt, mentega, ghee, dll, juga menambah kebutuhan nutrisi Anda.

Baca juga
Liburan ala Pandemi, Villa dan Apartemen jadi Pilihan Masyarakat

Asam butirat yang ditemukan dalam mentega (ghee) adalah asam lemak rantai pendek yang dikenal memberikan energi instan ke tubuh tanpa meningkatkan kadar gula darah.

Kemudian juga diketahui memberi makan bakteri baik di usus yang mendukung sistem kekebalan dengan membunuh patogen dan menetralkan racun di saluran pencernaan, tidak membiarkannya masuk ke sirkulasi yang menyebabkan kerusakan di tubuh.

Produk susu juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Jika Anda sudah melawan Omicron, yoghurt akan menjadi pilihan yang paling bergizi untuk Anda.

Ini adalah probiotik. Artinya, ini meningkatkan pencernaan Anda dan membantu generasi bakteri usus yang sehat.

5. Makanan lainnya

Anda juga harus memasukkan makanan kaya energi lainnya seperti jamur, ikan, telur dalam diet Anda. Makanan ini menawarkan mineral langka unik yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Tinggalkan Komentar