Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

PAN Kawal Laporan Ade Armando Terhadap Sekjen Eddy Soeparno

Rabu, 20 Apr 2022 - 12:04 WIB
Saleh Daulay Sekjen PAN Eddy Ade Armando - inilah.com
Ketua DPP/Ketua Fraksi PAN - dpr.go.id

Partai Amanat Nasional (PAN) siap mengawal dan menghadapi laporan dari pegiat media sosial dan dosen Universitas Indonesia Ade Armando terhadap Sekjen Eddy Soeparno.

“Pada prinsipnya DPP PAN siap menghadapi somasi maupun laporan ke polisi. Kami pastikan Partai akan mengawal seluruh prosesnya. Karena kami yakin dan percaya Saudaraku Sekjen PAN Eddy Soeparno tidak melakukan kesalahan apa pun,” kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay dalam keterangannya, Rabu (20/4/2022).

Meski demikian, Ketua Fraksi PAN DPR itu mengaku janggal dengan laporan kuasa hukum Ade Armando. Dia menilai laporan itu dilakukan diam-diam di malam hari.

Baca juga
Tentang Pertemuan PAN-PBB, Zulhas: Bangun Komunikasi dan Kesepahaman

Saleh menjelaskan, Eddy Soeparno berbicara sebagai anggota DPR. Tidak tepat pihak Ade Armando melaporkan Eddy ke Polisi karena pernyataan Eddy.

“Segala tindakan, pernyataan, dan aktivitas yang dilakukan secara publik oleh saudaraku Eddy Soeparno adalah sebagai anggota DPR RI yang menyuarakan pendapatnya sebagai respons terhadap situasi yang terjadi sebagai bentuk fungsi pengawasan, yang dilindungi oleh undang-undang (pasal 224 UU MD3),” kata Saleh.

“Pengacara Ade Armando bilang Saudaraku Eddy Soeparno ini Komisi VII dan tidak ada hubungannya dengan kasus penistaan agama. Ini jelas keliru. Anggota DPR RI itu, di mana pun penugasan komisinya, memiliki konstituen yang aspirasinya harus didengarkan dan disuarakan. Itulah kenapa di UU tidak disebut spesifik anggota DPR harus bicara sesuai komisinya tapi bicara tentang tugas, fungsi, dan kewenangan sebagai anggota DPR,” pungkasnya.

Baca juga
Ade Armando Dinilai sebagai Korban Sekaligus Pelaku Keonaran, Pigai: Aparat Harus Profesional

Adapun pernyataan atau cuitan yang dimaksud pihak Ade Armando yaitu cuitan akun Twitter-nya @eddy_soeparno pada 12 April 2022, pukul 19.06 WIB. Namun dalam cuitan itu Eddy hanya menyebut inisial AA.

“Saya mendukung pengusutan dan tindakan hukum kepada pelaku kekerasan terhadap AA, tapi saya juga mendukung tindakan hukum yang tegas kepada mereka yang menistakan agama dan ulama, termasuk AA,” cuit Eddy.

Tinggalkan Komentar