Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

PAN Ungkap 5 Kriteria Capres-Cawapres 2024

Selasa, 14 Jun 2022 - 15:58 WIB
Penulis : Fadly Zikry
PAN Capres Rakernas - inilah.com
Konferensi Pers DPP PAN, Selasa (14/6/2022) - dok PAN

Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkapkan 5 kriteria untuk Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024 mendatang.

“Sesuai perintah Ketum PAN, hari ini kami mengumumkan kriteria Capres dan Cawapres yang akan diusung PAN. Tahapannya nanti seluruh DPD dan DPW se-Indonesia akan mengusulkan nama untuk digodok di Rakernas PAN Agustus mendatang. Sistemnya bottom up. Kita dengar aspirasi dari daerah,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno saat konferensi pers di DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

Eddy menjelaskan bahwa tahapan ini akan berlangsung selama dua bulan, puncaknya akan diputuskan pada rakernas yang bertepatan dengan HUT PAN ke-24 pada Agustus mendatang.

“DPD dan DPW antusias. Bahkan beberapa sudah memunculkan nama-nama. Kemarin DPW Lampung sudah. DPD Cianjur sudah. Akan menyusul segera DPD dan DPW yang lain. Kami beri judul proses ini ‘PAN Memilih’. Ini akan semarak,” tuturnya.

Baca juga
Setneg Sebut Penundaan Pemilu Aspirasi Parpol Bukan Pemerintah

Dalam konferensi pers itu, Eddy turut didampingi Waketum Yandri Susanto, Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto, dan sejumlah anggota DPR RI dari F-PAN serta ketua DPW PAN dari seluruh Indonesia.

Sejumlah Ketua DPW PAN hadir secara fisik di Jakarta, di antaranya Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio, Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari, dan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi.

“Yang lain hadir secara daring. Semua hadir mengikuti pengarahan dan konpers ini. Tadi kami sampaikan mekanisme tahapan usulan calon dari DPD dan DPW,” kata Eddy.

Sebelumnya, DPW PAN Lampung dan Banten mengusulkan nama Zulkifli Hasan dan Erick Thohir untuk diusung PAN. Kemudian DPD Cianjur mengusulkan Zulkifli Hasan dan Ridwan Kamil.

Baca juga
Empat Nama Capres 2024 Masuk Radar PAN

“Memang antusiasme dari dalam, ingin mengusung Ketum Zulhas. Muncul juga nama-nama seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir dan lainnya. Semua boleh mengusulkan. Kami sudah sampaikan kriterianya,” sebut Eddy.

Adapun lima kriteria yang ditetapkan PAN untuk Capres-Cawapres yakni Nasionalis-religius, memiliki rekam jejak kepemimpinan yang kuat, berpihak pada kelanjutan generasi, memiliki semangat inovasi dan kolaborasi, dan terakhir berwawasan nusantara dan berperspektif global.

Ketua DPP PAN Bima Arya selaku Ketua SC Rakernas melanjutkan, lima kriteria tersebut sesuai dengan arahan Ketua Umum Zulkifli Hasan.

“Seperti Pancasila ada lima juga. Prinsipnya change and continuity. Kami mencari kandidat yang sesuai dengan platform dan asa PAN, setia pada Pancasila dan NKRI, mendorong ide-ide persatuan dan kemajuan, peduli pada pembangunan berkelanjutan dan regenerasi anak muda, serta membawa Indonesia berdaya saing di pentas global,” kata Bima Arya.

Baca juga
Masinton Dilaporkan karena Kritik Luhut, Puan: Sudahi Polemik Penundaan Pemilu 2024

Waketum PAN Yandri Susanto menambahkan, selain dari internal pengurus, PAN juga menjaring aspirasi dari publik.

“Kami akan berkomunikasi dengan para ulama, akademisi, kelompok buruh, profesional, pengusaha dan lainnya untuk menyampaikan aspirasi mereka. Baik di DPP maupun di DPW dan DPD. Semua elemen akan didengarkan oleh PAN, boleh datang menyampaikan aspirasi. Partisipasi publik sangat penting,” kata Yandri.

Tinggalkan Komentar