Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Panasnya Hubungan AS-China tak Berpengaruh Kerja Sama MIT dengan Tsinghua University di Bali

Selasa, 28 Des 2021 - 18:53 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Mit - inilah.com
Kampus Massachusetts Institute of Technology (MIT). ist

Panasnya hubungan Amerika Serikat dengan China tidak berpengaruh pada bidang pendidikan kedua negara.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) dengan Tsinghua University China tengah menjalin kerja sama membangun kampus pusat pendidikan teknologi bergengsi dan bertaraf internasional di Provinsi Bali.

“Tsinghua University sebagai universitas nomor satu di Tiongkok bekerja sama dengan MIT, universitas nomor satu di Amerika dan dunia, membangun satu lembaga pendidikan di sini,” kata anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Made Mangku Pastika di Denpasar, Selasa (28/12/2021).

Dilansir dari Antara, lembaga pendidikan hasil kerja sama MIT dan Tsinghua itu berada di kawasan Bali Turtle Island Development (BTID), Desa Serangan, Kota Denpasar.

“Daerah ini juga menjadi pusat pendidikan teknologi paling bergengsi di dunia, hebat ‘kan,” ujar Made.

Baca juga
Harga Tesla Model 3 dan Y Naik

Menurut Pastika, pembangunan kampus Upaya Indonesia Damai (UID) tersebut sudah terencana sejak ia masih menjabat Gubernur Bali.

“Rektor Tsinghua University juga sudah pernah datang ketemu saya saat masih menjadi Gubernur,” ujarnya.

Namun, pembangunannya sempat tersendat karena kendala perizinan sehingga pengerjaannya mulai pada 2021.

Sebagai informasi, Amerika Serikat dan China, dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia, kerap berbeda pandangan dalam berbagai hal, seperti perdagangan, politik luar negeri, termasuk asal muasal pandemi COVID-19. China-AS sudah kerap berada dalam psy war.

Perang urat saraf kedua negara itu bahkan berlanjut ke bidang olahraga. AS menyatakan memboikot olimpiade China dan tidak akan mengirimkan pejabat resmi negara. Namun atlet olahraga tetap bertanding.

Tinggalkan Komentar