Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Panggung Musra Memang Dipersiapkan Jokowi untuk Ganjar

Sabtu, 26 Nov 2022 - 18:04 WIB
Ganjar Pranowo
Pengurus Ponpes Al-Hikmah 1 Benda Sirampog, Brebes, Jawa Tengah, menolak dikaitkan dengan acara Sholawat Akbar dan Gema Doa Nusantara untuk Ganjar Pranowo yang diadakan oleh Sahabat Ganjar, Kamis (1/12/2022). (Foto: Arsip)

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal uban dan kerutan wajah adalah parameter pemimpin ideal, memberi kesan bahwa panggung silaturahmi nasional Musyawarah Rakyat (Musra) memang dipersiapkan untuk Ganjar Pranowo.

Peneliti lembaga survei SMRC, Saidiman Ahmad mengaku sudah memprediksi hal tersebut. Sebab dalam survei yang dilakukan, ia sudah menemukan kecenderungan Jokowi memberikan dukungan kepada Ganjar.

“Jadi kalau kita menafsirkan kalau itu sinyal dari Pak Jokowi memberi dukungan kepada Ganjar Pranowo saya kira itu logis,” kata Saidiman saat dihubungi Inilah.com, Sabtu (26/11/2022).

Lebih jauh dia menegaskan bahwa pengumpulan para relawan Jokowi sejak subuh dini hari di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) memang sudah dipersiapkan sebagai panggung dukungan untuk Ganjar. Dia menyebut, Gubernur Jawa Tengah itu memang sudah diplot Jokowi jadi capres.

Baca juga
Berburu Investasi Rp1.200 Triliun, BKPM Manfaatkan Presidensi G20

“Irisannya sangat kuat. Jadi para pendukung Jokowi pada saat yang sama mereka mendukung Ganjar. Jadi menurut saya dari sisi itu logis Pak Jokowi mulai memberikan sinyal kepada Ganjar,” tegasnya.

Sebelumnya, di depan ribuan relawan, Presiden Jokowi berpesan, jangan salah memilih pemimpin. Parameternya bukan kinerja, namun raut wajah. Banyak kerutan dan uban (putih), pertanda mikirin rakyat. Sebaliknya, kalau wajahnya mulus, kinclong, atau ‘cling’, menurutnya Jokowi, meragukan.

“Jadi, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilan. Dari kerutan di wajah. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati,” ujar Jokowi dalam Silaturahmi Nasional Musyawarah Rakyat (Musra) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Baca juga
Mayoritas Warga Papua Belum Rekam e-KTP Jelang Pemilu 2024

Di sisi lain, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyarankan relawan untuk memilih pemimpin yang wajahnya berkerut dan berambut putih alias dipenuhi uban. Alasannya, sosok seperti itu menandakan pemimpin pro rakyat. Tiap saat selalu mikirin rakyat tanpa memperdulikan wajahnya dipenuhi kerutan dan uban.

“Itu kelihatan dari penampilannya itu kelihatan banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada. Ada itu,” pungkas Jokowi disambut riuh para relawan.

Tinggalkan Komentar